Pemohon Hibah

Dwi Rahayu Widiastuti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

4 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

instagram : kembanggoy

Proyek


No. Formulir

530

Judul Proyek

Pameran Seni Rupa dengan judul Puspa Pirata #2

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

kami ingin membuat acara berupa pameran seni sebagai wadah kreatifitas untuk perupa muda terutama perempuan agar lebih produktif, serta sebagai wadah apresiasi bagi publik seni dan umum.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Selama ini kita hanya terpaku pada sosok Kartini era 1890an yang memakai kebaya putih, berparas manis, dengan rambut disanggul. Padahal bisa saja sosok Kartini sekarang ini, sudah atau sedang bereinkarnasi dalam wujud lain. Reinkarnasi itu sendiri adalah lahir kembali dalam bentuk kehidupan lain. Yang dilahirkan itu bukanlah wujud fisik sebagaimana keberadaan saat ini. Yang lahir kembali adalah jiwa orang tersebut yang kemudian mengambil wujud tertentu. R.A Kartini adalah sosok perempuan yang menjadi pelopor emansipasi wanita di Indonesia. Beliau berjuang untuk mengangkat derajat perempuan Indonesia, salah satu perjuangannya adalah melalui jalur pendidikan. Untuk mengenang jasanya, maka ditetapkanlah hari lahirnya yaitu tanggal 21 April sebagai hari Kartini. Kegiatan yang akan kami laksanakan ini tidak terlepas dari momen peringatan hari Kartini yang dilaksanakan pada tanggal 21 April 2018 nanti. Selain itu, seluruh mahasiswa jurusan Seni Rupa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa menyadari bahwa perubahan yang dihasilkan oleh Ibu Kartini membawa dampak yang sangat besar kepada rakyat Indonesia terutama kaum perempuan. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan pameran kami Seni Rupa dan kami berharaf seluruh masyarakat dapat mendukung pameran kegiatan ini direncanakan.

Masalah yang Diangkat

Pameran ini mengangkat reinkarnasi seorang Kartini sebagai tokoh pejuang wanita yang dalam kehidupan sekarang mungkin sedang atau sudah bereinkarnasi dalam sosok lain.

Durasi Proyek

1 bulan

Indikator Sukses

Dalam proyek ini pameran kami dikatakan berhasil bila banyak partisipan untuk mengikuti pameran, baik dari pembuat karya, penikmat seni ( masyarakat umum ). Sehingga tercipta hubungan antara keduanya, dengan demikian kami berhasil mewadahi para pencipta seni dan penikmat seni. Dan sampai sekarang kami sudah mendapat banyak partisipan ( pencipta seni ) yang perlu untuk difasilitasi.

Dana Hibah

Rp.13 Juta