Pemohon Hibah

Dewi Kusumawati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

audiovisual

Pengalaman Berkarya

Pendampingan Produksi Film Pelajar (sejak 2012), Pementasan Teater Wek-Wek 2013

Contoh Karya

Situs Web

www.sangkanparan.com

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

535

Judul Proyek

Produksi Film Dokumenter Perempuan & Pementasan Teater

Lokasi Proyek

Jawa Tengah

Deskripsi Proyek

Produksi Film Dokmeter dan Pementasan Teater yang mengangkat persoalan tentang perempuan, dibuat oleh pelajar SMK dengan proses pedampingan dan fasilitasi dari komunitas Sangkanparan melalui program Prakerin. Sangkanparan telah menjalankan Program Prakerin sejak tahun 2013, dengan melahirkan karya-karya pelajar yang banyak mewarnai berbagai ajang festival film ditanah air.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Setiap tahun, pelajar didikan Sangkanparan melahirkan karya film dokumeter yang dibuat oleh remaja perempuan. Namun demikian meski dibuat oleh remaja perempuan, sampai saat ini film bertema perempuan justru belum banyak diangkat. Padahal seperti yang kita ketahui selama ini persoalan perempuan sangat banyak sekali seperti halnya, minimnya edukasi kepada masyarakat akan persoalan pernikahan dini, persoalan buruh migran, persoalan TKW di kalanngan pelajar. Trend gaul yang ditiru oleh anak-annak perempuan di desa, tingkat kehamilan di kalangan remaja desa yang meningkat, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, melalui program CIPTA MEDIA EKSPRESI kami berharap adanya dukungan untuk program prakerin yang selama ini berjalan. Adapun proses produksi yang memungkinkan dapat dirancang untuk mewujudkan hal tersebt yaitu Prakerin pada periode bulan : Juni-September 2018.

Masalah yang Diangkat

Persoalaan perempuan di daerah. Pernikahan dini, perceraaian, lapangan pekerjaan, disabilitas.

Durasi Proyek

5 bulan

Indikator Sukses

Terciptanya beberapa film karya remaja perempuan yang mengangkat kisah tentang perempuan. Terciptanya sebuah pertunjukan dan pementasan keliling yang mendiskusikan persoalan perempuan

Dana Hibah

Rp.108 Juta