Pemohon Hibah

widya ayu kusuma wardani


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

Media Sosial

fb : widya ayu kusumaweardani dan ig@ayu_wardani01

Proyek


No. Formulir

546

Judul Proyek

kidung katresnan

Lokasi Proyek

sleman

Deskripsi Proyek

kolaborasi antara seni pertunjukan dengan seni membatik. saya akan berkolaborasi dengan desainer batik uzy fauzia berkeinginan untuk melestarikan salah satu cagar budaya yaitu candi plaosan. Dengan melibatkan warga sekitar candi plaosan untuk membuat batik dengan motif candi plaosan lalu menggunakannya menjadi kostum dan property pagelaran tari yang bersumber dari sejarah candi plaosan. tempat pertunjukannya pun akan dilaksanakan di candi plaosan.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

berawal dari pentas kolaborasi saya dengan mbah suprapto suryodarmo di candi plaosan merasa kurang diperhatikan oleh masyarakat di sekitar. saat itu saya pribadi tertarik dengan sejarah dankemegahan candi plaosan,apalagi nilai yang terkandung di dalam nya tentang toleransi anatar umat beragama pada massa itu. udah sepantasnya jika salah satu kekayaan bangsa ini dilestarikan melalui budaya.

Masalah yang Diangkat

di sekitar candi plaosan belum ada sanggar seni yang berkembang disana padahal wilayah candi plaosan sangat berpotensi menjadi tujuan wisata unggulan dan juga belum ada kerajinan yang khas yang dihasilkan oleh warga lokal, saya ingin dengan menggarap karya disana akan menjadi bibit untuk menajadikan tempat ini sebagai salah satu tempat yang mempunyai pertunjukan rutin sehingga mampu menarik wisatawan lokal maupun interlokal dan masyarakat juga akan mempunyai kerajinan khas candi plaosan yaitu kain batik yang bermotif candi plaosan.

Durasi Proyek

2 bulan

Indikator Sukses

jika ini dapat diwujudkan maka ini adalah kali ke dua saya akan berproses disana dengan begitu akan memudahkan untuk bersinggungan dengan masyarakat di sekitar candi plaosan. sarana transportasi ke candi plaosan dapat terbilang mudah sehingga tidak sulit untuk mendatangkan penikmat seni yang nantinya kan bisa mengapresiasi pagrelaran karya tari tersebut. sumber daya manusia di sana juga mendukung adanya proses kesenian dan pagelaran.

Dana Hibah

Rp.83 Juta