Pemohon Hibah

Ana Lukluatul Muna Alawiyah


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

audiovisual

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

https://www.youtube.com/channel/UCwUpftpE-Ay2CkFIrVEOEfQ/videos?view_as=subscriber

Media Sosial

@alunaalwy @creativewriterindonesia

Proyek


No. Formulir

548

Judul Proyek

FILM MAKER

Lokasi Proyek

ADONARA, FLORES

Deskripsi Proyek

Pembuatan Film berlatarkan budaya di kawasan Adonara. bagaimana sebuah sistem bisa kapan saja merenggut hak wanita untuk bersuara. sebut saja di sebuah wilayah Adonara yang masih menanamkan kuat adat pernikahan dengan mahar GadingGajah. dimana, setiap laki-laki yang berhasil memberikan gading gajah untuk perempuan yang diingikannya, ia bisa menikahi wanita tersebut. meski perempuan itu menolak sekalipun, ia tak bisa menghindari takdir pernikahan yang ditentukan dari Gading Gajah yang sudah diberikan.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Keinginan penulis membuat sebuah karya yang berlatarkan Adonara ini dimulai dari kegelisahan sekaligus kecintaannya pada budaya. kegelisahannnya budaya itu seolah mengekang dan membuat para wanita tak memiliki hak untuk bersuara. namun di sisi lain, sebuah kebanggaan akan keanekaragaman budaya yang masih terus dipertahankan memiliki nilai sendiri. sehingga, tanpa sadar, penulis pun ingin mengenalkan budaya tersebut ke masyarakat luas. di mana, Indonesia begitu kaya dan masih memegang teguh adat untuk dipertahankan.

Masalah yang Diangkat

permasalahan utama adalah di saat Indonesia yang sudah penuh dengan banyaknya perempuan yang terbebas dari kungkungan adat, membuat penulis tergerak ingin mengenalkan budaya tersebut ke masyarakat luas. selain sebagai tambahan wawasan bisa juga sebagai evaluasi untuk lebih bersyukur karena kita yang tidak ada di wilayah tersebut masih diberikan kebebasan dalam bersuara.

Durasi Proyek

7 bulan

Indikator Sukses

ketika film ini berhasil tayang dan ditonton oleh banyak wanita di Indonesia. menginspirasi banyak perempuan untuk berbuat lebih untuk kawasan di Adonara.

Dana Hibah

Rp.999 Juta