Pemohon Hibah

PUJI RAHAYU


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

13 Tahun

Situs Web

https://pujiyok.blogspot.co.id/

Media Sosial

https://www.facebook.com/puji.rahayu.lukis

Proyek


No. Formulir

681

Judul Proyek

Perempuan Zaman

Lokasi Proyek

Pontianak, Kalimantan Barat

Deskripsi Proyek

Pameran tunggal dan worshop pengetahuan bahan dan teknik melukis untuk pelajar

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Sejak 2009 saya tinggal di Pontianak, kegiatan pameran seni rupa jarang sekali dilaksanakan, setahun sekali belum tentu ada. Ada keprihatinan yang mendalam sebagai perupa, khususnya sebagai perupa perempuan . Perupa perempuan seperti pupus harapan, karena banyak perupa perempuan yang ada di Kalimantan Barat hampir tidak bisa berkarya. Bila ada kegiatan pameran perempuan, saya satu-satunya yang terlibat dan mengurus kegiatan, baik sebagai peserta, tim pelaksana, bahkan sebagai tim seleksi. Dengan adanya Hibah ini, saya berharap ada perhatian untuk terlaksananya kegiatan yang memang selama ini pihak pemerintah kurang memberi dukungan kegiatan pameran terharap perupa yang ada di Kalimantan Barat. Selain itu tidak ada gedung atau ruang pameran yang representative. Satu Galeri yang khusus untuk aktifitas perupa pun tidak ada, andaikan mau mengadakan pameran kita harus membuat panel sendiri dengan menggunakan triplek. Dan selama pameran saya ingin mengenalkan pengetahuan bahan dan teknik melukis untuk pelajar SD, SMP dan SMA, mengingat para pelajar yang ada di Pontianak khususnya, pengetahuan tentang media dan bahan masih sangat minim, yang mereka kenal hanya crayon, cat air itu pun penggunaanya kadang tidak tepat. Saya ingin berbagi ilmu seni kepada pelajar khususnya, agar wawasan dan keterampilannya bertambah.

Masalah yang Diangkat

Perempuan Zaman adalah penggambaran hari-hari keterhimpitan perempuan dalam menghadapi segala situasi yang ada untuk lebih berkembang, lebih maju, dan lebih pintar. Terlebih saya melihat ketika perempuan ingin lebih maju dan berkembang. Mereka kebanyakan dibenturkan oleh adat yang akhirnya menghimpit perjuangan mereka dalam meraih kesuksesan. Mepertahankan budaya yang luhur diera globalisasi seolah menjadi dilema untuk perempuan. Serasa seperti dua anak panah yang meluncur bersamaan, membutuhkan segala kekuatan untuk mewujudkannya yang kadang dalam perjalanannya salah satu harus terus berperang dalam dirinya. Berbagai dilema yang dihadapi perempuan tersebut akan dituangkan ke dalam bentuk lukisan.

Durasi Proyek

7 bulan

Indikator Sukses

Terselenggarakannya pameran tunggal dan dapat diapresiasi oleh masyarakat terutama pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Target karya yang akan dipamerkan 20 karya, dan selama pameran akan memberikan pelatihan workshop tentang teknik dan mengenalkan beberapa media dalam melukis untuk pelajar.

Dana Hibah

Rp.95 Juta