Pemohon Hibah

Sucik Yulianti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

25 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Ucik Julianti Wenner

Proyek


No. Formulir

773

Judul Proyek

Mutasi Kultur

Lokasi Proyek

Kota Batu Malang Jawa Timur

Deskripsi Proyek

Mutasi Kultur adalah tema karya lukis saya,yang memceritakan tentang kontaminasi budaya global yang sedang melanda masyarakat kita dewasa ini, mutasikultur saya spesifikasikan perempuan sebagai obyek dan subyek yang saya visualisasikanberupa karya lukis di atas kanvas. Mutasi kultur ini lahir dari pengamatan dan evaluasi dalam waktu 5 tahunan.Mutadi kulturini akan saya sajikam dalambentuk karya lukis dua dimensi dengan ukuran 200cmx140cm dengan media oil dan acrylik diatas kanvas sebanyak 25 buah. yang nantinya setelah karya tersebut selesai akan dibahas secara kuratorial dan dipamerkan di ruang pamer (gallery art di ubud bali)

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Untuk melanjutkan dari proses berkarya saya yang saat ini berjalan terseok seok,karena saya harus mengurus rumah tangga dan menghidupi dan membiayai kedua anak saya dan keluarga. Meski demikian saya terus berjuang untuk tetap mrnciptakan karya seni dalam bentuk apapun dan media apapun karena saya mulai tahun 1993 hingga sekarang berkomitmen untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan ide dan gagasan baru yang saya visualisasikan secara konseptual dan pewacanaan dalam bentuk karya rupa. Mutasi Kultur adalah tema yang saya angkat untuk proyek ini sebagai lanjutan dari karya sebelumnya (of dream lover and monsters) dan sebagai pameran lukisan tunggal yang kedua ( pameran tunggal pertama tahun 2002 di Seniwati art Gallery by Women Ubud Bali). Mutasi Kultur meripskan pengamatan dan evaluasi masyarakat di srkitar saya dalamkutun waktu lima tahunan ini. yang pada hakekatnya masyarakay kita telah terkontaminasi budaya luar ,terevolusi modernitas global dan mengalami pergeseran budaya secara pelahan dan terjadilah mutasi kultur. Mutasi Kultur diharapkan mampu berdialog dan berinteraksi dengan srniman budayawan, pengamat kurator, pecinta srni dan kolektor serta masyarakat luas.

Masalah yang Diangkat

Setiap oran pasti punya cita-cita, namun ada kalanya cits cita itu tak terwujud hanya karena masalah permodalan. Nah masalsj permodalan itulah yang selama ini menghsmbat proses berkarya saya karena semua ide dan gagasan hanya menjadi rendaman dan dialog diri sendiri tanpa bisa tertumpahkan dalam karya, sedangkan biaya material art dan acara gelar pameran tidahlah sedikit alias mahal. Dengan adanya hibah ini timbul sebersit hatapan positif yangnantinya bisa mewujudkan cita cita saya serta menciptskan ruang baru untuk mengisi sejarah seni rups Indonesia terutama karya perempuan. Mutasi kultur dalm tema karya lukis saya tentang perempuam perempuam indonesia yang mengalami evolusi budaya akibat terkontaminasi budaya luar di era modernitas global yang masuk secara langsung dan instan lewat media sosial, telekomunikadi global hingga terjadilah pergeseran budaya yang bermutasi budaya yang saya olah dan hadirkan dalam bentukrupa diatas kanvas dengan teknik,corak isme secara ekspresif spontan .

Durasi Proyek

7 bulan

Indikator Sukses

Mendapat sambutan positif dari penikmat seni, karya itu dibicarakan, karya itu laku dan terkoleksi dan karya itu tidak dilupakan.

Dana Hibah

Rp.250 Juta