Pemohon Hibah

kharania agnesius altama a.


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Situs Web

Media Sosial

@bengkelkreasi. bwi (instagram) , bengkel kreasi banyuwangi (facebook)

Proyek


No. Formulir

775

Judul Proyek

suara dari sampah

Lokasi Proyek

Jawa Timur, Kab. Banyuwangi dan Kab. Malang

Deskripsi Proyek

Proyek ini berupa kolaborasi antara pelaku pemberdaya masyarakat di bidang lingkungan dengan spesialis dalam membuat produk recycle berbahan dasar sampah dengan tim videographer. Proyek yang akan dilakukan berupa pembuatan film pendek mengenai kenampakan wilayah-wilayah yang mengalami penumpukan limbah sampah yang sebagian besar akan dilakukan di wilayah pesisir Banyuwangi serta dampak dari hal tersebut. Dan dalam film ini juga akan ditekankan pada bagaimana peran serta masyarakat dalam mengelola sampah mereka, baik pengolahan sampah organik maupun anorganik, dengan menitik beratkan pada nilai-nilai ekonomi yang bisa didapat dari mengelola limbah sampah yang masyarakat hasilkan. Dalam pengolahan limbah sampah sendiri akan digambarkan proses pengolahan yang berskala rumah tangga maupun skala menengah, yang salah satunya berupa pembuatan kerajinan berbahan dasar sampah anorganik.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Adanya kesamaan minat terhadap isu sampah serta pengelolaan sampah yang seharusnya dapat dilakukan oleh masyarakat baik dari tingkat terkecil hingga yang bersifat komplek sekalipun. Adanya beberapa rintangan yang dihadapi dalam melakukan pemberdayaan masyarakat, dimana masyarakat cenderung tidak tau dan tidak mudah percaya bahwa sebenarnya wilayahnya juga termasuk dalam darurat sampah. Oleh karena itu, dengan adanya hibah Cipta Media, yang kamu wujudkan dalam pembuatan film pendek, ada sebuah pengharapan bahwa film pendek yang akan dibuat ini dapat membantu membuka mata masyarakat mengenai kebersihan lingkungan, serta dapat membentuk ekonomi kreatif dalam kaitannya dengan pengelolaan sampah. Film ini juga digambarkan sebagai perwujudan dari sebuah seni pembuatan produk recycle dalam sebuah film yang membahas mengenai lingkungan, sehingga kolaborasi sisi kreatif pelaku pengrajin recycle dapat membaur harmonis pada cerita-cerita dalam film tersebut, dan menjadikan pesan tersendiri bagi audiens.

Masalah yang Diangkat

Dengan tema mengenai sampah , baik dari pencemaran lingkungan maupun pengelolaan sampah. Dalam film tersebut akan diangkat area-area dengan timbunan sampah maupun yang berpotensi dalam masalah sampah, di wilayah-wilayah Kabupaten Banyuwangi, terutama di wilayah pesisir yang menjadi hilir dari sampah wilayah lain, serta memperlihatkan bahwa sampah terdebut juga berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat sekitarnya yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Dalam film ini juga menampilkan pengolahan limbah sampah yang telah di lakukan baik di Banyuwangi maupun Malang (sebagai kota dengan pengolahan sampah terpadu) yang belum diketahui oleh masyarakat, sehingga dengan adanya pengetahuan ini melalui film yang dibuat, masyarakat yang awam akan pengolahan sampah yang biasanya hanya menganggap sampah sebagai barang yang layak buang, menjadi masyarakat yang lebih peduli akan lingkungan dan dapat mengelola sampah yang mereka hasilkan setiap harinya.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Proyek ini dinyatakan sukses dengan terciptanya film pendek berjudul " Suara Dari Sampah ". Selain itu, juha dijadikannya film tersebut sebagai bahan materi atau kampanye lingkungan terutama mengenai pengolahan sampah di masyarakat, khususnya di Banyuwangi, yang mana hal ini akan di awali oleh komunitas Berkibar ( bengkel kreasi Indonesia berkarya) selaku pihak yang turut andil dalam pembuatan film serta selaku pelaku yang berperan aktif dalam pelatihan pembuatan produk recycle.

Dana Hibah

Rp.120 Juta