Pemohon Hibah

Evi lusiana manik


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

Belum ada

Media Sosial

Instagram : @ucimodiste

Proyek


No. Formulir

776

Judul Proyek

Fashion Tenun etnik ulos batak toba

Lokasi Proyek

Medan

Deskripsi Proyek

Saya ingin membuat karya yg terbuat dari bahan kain tenun ulos asli dari tanah batak di desain seunik mungkin yg mampu menarik perhatian warga nasional maupun internasional, dengan bahan yg di mix pada kain jenis lain yg banyak di sukai oleh konsumen pada umumnya, yg ringan, dingin, sengan kualitas bagus, serta biaya produksi yg tidak terlalu berat, sehingga mampu menciptakan keuntungan yg meningkatkan ekonomi pengrajin nya, dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi yg mau menjadi pengrajin ulos. Selain itu hal ini juga mampu memperkenalkan budaya di indonesia yg tidak hanya budaya batik saja, namun ulos juga mampu bersaing di dunia internasional dengan keunikannya yg patut di banggakan. Harapan saya, dibalik rencana ini saya ingin mempunyai tim yg mampu saling mendukung dalam tahap pembuatannya, karena sejujurnya sampai sekarang saya hanya bekerja sendiri. Saya berharap mampu menemukan orang-orang kreatif yg bisa mendukung untuk mewujudkan ide saya ini. Untuk dunia bisnis saya akui, saya memang tidak punya pengalaman, tapi saya sangat berharap saya bisa di ajari. Proyek yg saya rangkain ini juga tidak hanya berbicara seputar baju/pakaian saja, namun saya juga ingin membuat proyek pendukungnya yaitu pembuatan aksesorisnya yg terbuat dari ulos juga, seperti tas, sepatu, dll. Sekian rancangan proyek saya.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Proses terbentuknya proyek ini berawal dari kecintaan saya terhadap budaya saya sendiri yaitu budaya suku BATAK TOBA, yg dimana didalam nya terdapat banyak sekali keunikan-keunikan yg bahkan saya sendiri yg suku Batak Toba baru mengetahuinya. Ulos adalah kain tenun yg amat berharga bagi setiap suku yg memiliki nya. Bagi suku Batak Toba, ulos tidak hanya di tenun secara asal, dipakai untuk menutupi tubuh, dan lain sebagainya, akan tetapi ulos juga memiliki makna tersendiri bagi tiap jenisnya. Dan hal yg membuat saya sangan menyukainya karena ulos tidak pernah di tenun dengan corak yg sama pada setiap per pcs nya, dan corak itu sendiri memiliki arti masing-masing pada setiap ulos. Dan saya sangat ingin membuat warga batak toba bangga akan hal ini dengan cara memeperkenalkan ulos dan membuat desain yg bahkan orang-orang tak menyangka bahwa itu bisa jadi sebuah karya yg sangat menarik. Dan saya juga ingin semangat anak muda indonesia bertumbuh kembang dalam karya ini, turut membuat karya ini menjadi lebih menakjubkan dengan menyumbangkan ide-ide kreatif nya. Selain itu, melihat dunia hanya mengenal indonesia dengan kain batik nya, saya ingin juga menciptakan pernyataan bahwa Dunia perlu tahu indonesia kaya akan kain tenun yg beragam dan berharga, terimakasih.

Masalah yang Diangkat

Permasalahan dalam hal proyek ini, saya belum menemukan orang-orang yg mampu mendukung ide saya ini. Kemudian, tempat produksi nya saya tidak punya, saya hanya punya mesin jahit 1 buah saja di rumah. Saya butuh orang-orang kreatif yg mau berkolaborasi ataupun bekerjasama dalam menjalankan proyek ini. Masalah biaya produksi juga menjadi salah satu hal tertentu bagi proyek ini. Dan saya juga belum tau apakah orang-orang kreatif mau beekolaborasi tanpa digaji terlebih dahulu, Karena, sebuah proyek belum tentu langsung untung besar. Saya juga sulit menemukan relasi yg mampu memarketkan produk ini ke luar negeri, karena saya ingin proyek ini tidak hanya berjalan di dalam negeri. Saya juga belum pernah survei tempat produksi aksesoris yg bagus dan bermanfaat, dan saya takut tidak menemukannya. Saya tidak ada sama sekali pengalaman di dunia bisnis, Tim saya juga tidak ada Ini hanya merupakan ide yg sangat saya ingin jalankan sedari dulu. Dan saya tidak tahu apakah ini mampu menguntungkan atau tidak. Saya juga tidak pintar bernegosiasi, saya hanya mampu merancang. Saya ingin juga punya partner designer yg mau memberi ide membantu saya mewujudkan ini semua. Saya juga tidak memiliki label resmi, hak cipta, izin lokasi usaha, dll Saya takut menemukan orang yg salah.

Durasi Proyek

3 bulan

Indikator Sukses

Hal keberhasilan proyek ini,saya yakin sangat besar. Karena tidak hanya pakaian, aksesoris juga mampu menarik perhatian, selain itu saya juga ingin menjual perproduk itu dengan harga yg standart untung sedikit terlebih dahulu, karena 90% orang-orang di dunia menginginkan produk yg murah, bagus, dan berkualitas. Saya ingin membuat perproduk dengan desain yg berbeda, yg kalau bisa hanya memproduksi satu desain produk pada satu look saja, sehingga orang-orang merasa tertarik menggunakannya karena kecil kemungkinan memiliki kesamaan busana dengan orang lain

Dana Hibah

Rp.500 Juta