Pemohon Hibah

Yublina Marru


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

Baru memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

806

Judul Proyek

Menciptakan Lagu Daerah Sumba dengan judul Kain Sumba

Lokasi Proyek

Sumba

Deskripsi Proyek

Sumba identik dengan pulau yang masih kental dengan budaya salah satunya kain adat yang disertai dengan gambar motif yang masih asli dari jaman nenek moyang hingga turun temurun, dalam kain adat tersebut memiliki nilai filosofis yakni tentang penciptaan, kehidupan, pola hubungan dan harapan. Maksud dari penciptaan adalah bahwa manusia,tanah,air,hutan,hewan atau binatang, udara dan lain sebagainya,semuanya ada yang menciptakan sehingga disimbolkan ke dalam motif-motif beserta warnanya. Maksud dari kehidupan adalah tanah,air,hutan,hewan bawa kehidupan-binatang untuk manusia urus/kelolah dan terus berlanjut dan ada keseimbangan,kehidupan tidak boleh berhenti di tangan manusia. Maksud hubungan disini adalah hubungan dengan pencipta,hubungan antara manusia dengan alam dan hubungan antara manusia dan sesama manusia. Yang dimaksud Harapan adalah alam harus diwariskan dalam keadaan baik kepada generasi selanjutnya.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Kain tenun sumba merupakan salah satu kekayaan budaya dari sumba. Bagi masyarakat sumba kain tenun ikat telah menyatu dalam kehidupan keseharian dan memiliki makna tersendiri. Disebut kain tenun ikat karena dalam proses pembuatan kain tersebut kegiatan mengikat sangat berperan untuk menyesuaikan pola dan motif-motif yang sudah ditentukan sebelumnya. seni tenun menenun diekspresikan ke dalam bentuk musik sehingga mampu dimengerti dan dipahami oleh masyarakat terutama masyarakat sumba sendiri. seiring dengan berkembangnya zaman moderen,menimbulkan pola pikir masyarakat yang lebih moderen, bahwasannya masyarakat cenderung memilih lagu moderen yang pengaksesnya atau pencariannya lebih mudah dibandingkan dengan lagu daerah nusantara,bahkan saat ini jarang ditemui anak-anak muda yang hafal dan tahu lagu-lagu daerah mereka. dari masalah tersebut sebagai masyarakat sumba khususnya para generasi muda seharusnya berada di barisan paling depan untuk menjaga,mempertahankan serta melestarikan kebudayaan sumba.Dari latar belakang di atas mendorong untuk membuat lagu tentang kain sumba.

Masalah yang Diangkat

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, maka dapat diambil suatu perumusan masalah bagaimana membuat lagu untuk mempermudah generasi muda dalam mengakses lagu daerah

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Videoclip

Dana Hibah

Rp.30 Juta