Pemohon Hibah

RESMIYANTI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

808

Judul Proyek

Ngelmu

Lokasi Proyek

Suku Sikka NTT

Deskripsi Proyek

Suku Sikka yang terletak di NTT adalah salah satu daerah yang memproduksi tenun ikat dengan warna alam yang luar biasa indah. suku Sikka juga mempunyai beragam motif dan proses pewarnaan yang unik, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari alam sebagai bahan pewarna benang yang akan ditenun, hal inilah yang membuat saya dan rekan-rekan saya tertarik untuk pergi dan menimba ilmu pada di suku Sikka., Ngelmu ini kami maksudkan sebagai sebuah perjalanan mencari ilmu-ilmu diluar daerah jawa untuk kemudian kami terapkan pada Batik pewarna alam, Ngelmu bertujuan menambah wawasan tentang berbagai bahan dan proses pewarnaan berbahan alam yang terdapat pada suku Sikka karena bahan pewarna alam di daerah jawa masih tergolong sederhana karena terbatasnya tumbuhan-tumbuhan di daerah tersebut sedangkan di daerah luar jawa banyak sekali tumbuhan yang dapat digunakan untuk pewarnaan benang ataupun kain seperti yang terdapat pada sukku Sikka, tidak hanya itu proses penguncian warna alam tersebut pun berbeda karena tergolong sangat tradisional.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Ngelmu ini terbentuk karena keingintahuan saya dan rekan-rekan saya akan bahan dan proses pewarna alam, jika didaerah jawa warna alam identik dengan indigofera, tinggi serta tumbuh-tumbuhan yang mudah ditemukan dimana saja serta proses penguncian yang biasa diguanakan yaitu dengan tunjung, tawas dan kapur di luar jawa mempunyai tumbuhan yang beragam dan proses pewarnaan alam yang masih tergolong unik, salah satunya pada suku Sikka ini, kami berencana belajar pada suku tersebut bukan untuk tenun akan tetapi ingin kami terapkan pada karya Batik. Kami akan membuat 12 karya Batik dengan bahan dan teknik pewarnaan khas suku Sikka untuk kemudian kami pamerkan pada sebuah pameran seni yang bertempat di Taman Budaya Yogyakarta.

Masalah yang Diangkat

Melalui dana hibah cipta media ini kami berharap Ngelmu yang kami gagas ini dapat terwujud sebagai jawaban dari perbagai pertanyaan yang ada dikepala kami tentang berbagai bahan serta proses pewarnaan alam yang ada di suku sikka tersebut. untuk kemudian kami bagikan kepada teman-teman melalui sebuah pameran batik pewarna alam dengan menampilkan 12 karya batik.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

proyek ini kami yakin akan terealisasikan dengan baik mengingat proses pewarnaan pada suku sikka yang tergolong baru pada proses batik.

Dana Hibah

Rp.200 Juta