Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

817

Judul Proyek

Website weareindonesia.co.id

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Perkembangan tekhonogi internet saat ini tidak dipungkiri ikut mendorong beragam arus informasi yang masuk. Pada masa berkembangnya internet semua masyarakat bisa bebas mengakses informasi. Kemudahan dalam mengakses informasi ini ibarat pisau bermata dua. Satu sisi bisa digunakan untuk memberikan informasi dan satu sisi bila tidak menyering informasi justru bisa berbalik menjadi sebuah provokasi. Dari sini sebuah ide muncul dengan memanfaatkan tekhnologi internet untuk kembali mengenalkan budaya peninggalan leluhur. Menggali kembali identitas bangsa agar tidak terseret budaya asing. Sebuah wadah yang akan dikelola dalam sebuah website “We Are Indonesia”. Website ini diharapkan bisa kembali menjadi wadah masyarakat untuk kembali mengenal budaya sendiri serta wadah untuk beberapa orang yang masih setia berjuang mempertahankan nilai-nilai tradisi leluhur.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Berkembangkan tekhnologi telah menjadikan inspirasi untuk memanfaatkan dunia maya untuk mengenalkan kembali tentang Indonesia dan budayanya pada sebuah website “We Are Indonesia” . Situs ini diharpakan mampu mengenalkan kembali tentang budaya dan peninggalan Indonesia sehingga masyarakat kembali mengenal jati diri bangsa Indonesia. Diawali dengan kebudayaan yang ada di Yogyakarta, kami lebih dahulu ingin mengenalkan sepuluh tokoh perempuan di Yogyakarta yang ada di dunia seni dan budaya yang masih memiliki semangat untuk melestarikan budaya. Diharapkan melalui semangat mereka bisa menginspirasi masyarakat untuk kembali mengenal dan turut ikut melestarikan budaya. Beberapa sosok perempuan ini akan diangkat cerita mereka dalam sebuah video feature berdurasi 15-20 menit menceritakan tentang perjuangan mereka dan pemahan mereka tentang nilai budaya yang mereka geluti.

Masalah yang Diangkat

Keragaman budaya di Indonesia adalah suatu hal yang tidak bisa dipungkiri. Keragaman budaya yang dimiliki Indonesia dipengaruhi banyak faktor, antara lain kondisi geografis yang begitu beragam, juga masuknya budaya luar yang akhirnya berasimilasi dan menciptakan budaya-budaya baru. Semenjak lahirnya sumpah pemuda, keragaman bukan lagi menjadi pemisah namun telah menjadi satu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Selama berpuluh-puluh tahun Indonesia berhasil mempertahakankan perbedaan. Berbekal pada semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, berbeda namun tetap satu, Indonesia menjadi negara yang memiliki keragam budaya. Keragaman menjadi identitas bangsa Indonesia yang paling dibanggakan dan sudah diakui dimata dunia. Beberapa kasus telah terjadi ketika pemahaman masyarakat kurang akan pengertian budaya yang diwariskan leluhur. Di tahun 2017 terjadi beberapa kasus antara lain, perusakan situs candi kidal, Perusakan peninggalan Sang Randeng Girah Calon Arang, Gurah kediri, Jawa Timur, dan kurangya pemahaman akan pakaian adat.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Website We Are Indonesia dengan 10 konten video yang membahas tentang 10 sosok perempuan Yogyakarta yang berjuang untuk kesenia

Dana Hibah

Rp.583 Juta

Danna Cynthia Marsha Chikieta


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

audiovisual

Pengalaman Berkarya

9 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

https://www.youtube.com/watch?v=oNjuTgIWq0w