Pemohon Hibah

Milla Andriana


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

1 tahun sebagai ilustrator fashion, 1 tahun sebagai desainer, 3 tahun sebagai illustrator buku dan buku anak

Situs Web

http://bulattelur.deviantart.com

Media Sosial

https://www.facebook.com/milla.andriana/media_set?set=a.10215163283220920.1073741855.1397718110&type=3

Proyek


No. Formulir

828

Judul Proyek

Cerita Rakyat Lisensi Bebas CC by SA

Lokasi Proyek

DKI Jakarta

Deskripsi Proyek

Saya ingin membuat serial 10 buku cerita rakyat dengan resolusi tinggi atau vector grafis yang bisa diperbesar tanpa batas, yang kemudian dibebaskan dengan lisensi Creative Commons by SA yang bebas diunduh, diedit, bahkan dipublikasi ulang. Buku ini gratis dan bisa dibaca melalui HP atau tablet, sehingga bisa dipakai seluruh orangtua di Indonesia untuk mendongengkan anak-anaknya. Desain Karakternya, pepohonan, buah, rumput sayur, hewan, burung, ikan dan lainnya yang menjadi elemen cerita rakyat ini akan dipecah-pecah dan diupload ke Wikimedia Commons sehingga bisa dijadikan ilustrasi khas Indonesia bagi artikel-artikel di Wikipedia. Dalam membuat serial buku cerita rakyat ini, saya akan berkolaborasi dengan periset cerita, penulis, editor, dan pembuat aplikasi buku. Saya akan mengupayakannya dari teman-teman perempuan yang saya pernah bekerja sebelumnya.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Saya sebenarnya desainer fashion, dengan spesialisasi ilustrasi fashion. Kemudian beralih menjadi desainer dan ilustrator buku dan cerita anak. Namun setelah melahirkan anak, saya tidak punya kesempatan lagi mengembangkan karier, karena di Indonesia frelance ilustrator belum begitu dihargai. Perusahaan desain grafis atau penerbit biasanya lebih tertarik dengan desainer atau ilustrator yang bisa dipekerjakan secara tetap. Kalaupun ada peluang, biasanya hanya berakhir ide dipitching gratis bahkan digunakan tanpa dibayar atau dibajak. Saya ingin menciptakan proyek yang bisa melibatkan sebanyak mungkin pekerja kreatif perempuan yang juga kesulitan berkembang di dunia kreatif, terutama penerbitan buku setelah berkeluarga dan memiliki anak, antara lain periset cerita, penulis, editor, dan pembuat aplikasi. Mungkin tetap ada laki-laki, yang dilibatkan juga keluarga di sekitar.

Masalah yang Diangkat

Saat ini jarang sekali cerita rakyat berilustrasi dengan lisensi bebas. Semuanya komersial dan harus dibeli mahal dari penerbit mainstream. Padahal yang mereka manfaatkan adalah cerita rakyat (folklore) yang tidak memiliki hak cipta (domain publik). Adapun karya non profesional yang dibuat biasanya oleh mahasiswa atau ilustrator hobiis, namun biasanya hanya jadi kumpulan portfolio untuk melamar kerja atau disimpan rapi di lemari buku. Saya berpendapat harusnya ada yang memulai memvisualisasikan cerita ini menjadi karya visual beresolusi tinggi yang bebas diunduh dan diedit ulang, sehingga tercipta kolaborasi antar ilustrator dan pembuat buku. Selain itu juga memperkaya konten visual dengan tema Indonesia, yang selama ini sulit didapat di Internet. Jika ada, biasanya resolusinya rendah atau harus didapat dengan membayar mahal.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1. 1000+ pengguna orangtua yang membacakan ke anaknya (diambil dari angka unduhan) 2. 1000 elemen gambar pecahan beresolusi tinggi atau vektor grafis diunggah ke Wikimedia Commons dan dimanfaatkan untuk ilustrasi artikel Wikipedia 3. Lebih kurang 10 judul serial cerita rakyat diciptakan 4. Satu buah aplikasi untuk mengunduh dan membaca buku-buku tersebut di smartphone agar bisa digunakan mendongeng untuk anak oleh keluarga yang tidak mampu membeli buku ilustrasi anak yang mahal 5. Satu pameran setelah semua judul serial berhasil dibuat

Dana Hibah

Rp.150 Juta