Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

857

Judul Proyek

PENGABDIAN LANSIA SAIKI UNTUK GENERASI MUDA

Lokasi Proyek

Kabupaten Malang

Deskripsi Proyek

Harapan Kami nantinya Pasar Singosari sebagai sentral/pusat belajar membatik. Tidak hanya sekedar bagaimana memberdayakan masyarakat Singosari tapi bagaimana Budaya warisan leluhur bangsa ini bisa terus dilestarikan sampai ke generasi muda kedepannya. Tidak ada istilah menyerah bagi Kami yang terus berjuang untuk kepentingan generasi muda. Selama ini kami melalui PPI Bulan Asri swadaya sendiri untuk memajukan batik asli singosaren yang akan kami bawa ke Pasar Singosari agar mulai dilakukan gerakan belajar membatik di Pasar Singosari yang akan dijalankan selama 9 bulan sesuai rencana kami. Gerakan ini akan melibatkan anak2 sekolah se kecamatan Singosari dan masyarakat Singosari.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Dengan telah diresmikan PPI Bulan Asri (Paguyuban Pembatik Ikat Budaya Usia Lanjut Asih Sabar Ramah Ikhlas) Kab. Malang oleh Bapak Bupati (waktu itu Wakil Bupati Malang) tanggal 10 Agustus 2009 di UPTD Pujisari Kendedes. Kegiatan utamanya adalah budaya seni membatik (batik tulis) yang dilakukan kelompok dari Lansia Karang Werda se Kec.Singosari dengan mengangkat motif aksesoris Putri Kendedes Permaisuri yang menurunkan raja setanah Jawa bahkan Nusantara Indonesia. Tujuannya untuk melestarikan budaya seni membatik bagi generasi muda sambil memperkenalkan siapa Putri Kendedes Permaisuri Raja Kertarajasa Kerajaan Singosari. Motif yang diambil adalah 1. Pending : Kokot atau gesper sabuk/ikat pinggang Kendedes 2. Renggo : Hiasan pada kelat bahu/Selendang Kendedes 3. Padma : Potongan kelopak bunga teratai yang lima jumlahnya 4. Parijoto : Utaian seperti pakis yang ada pada kuluk/ jamang Putri Kendedes Dari Motif-motif tersebut mempunyai filosofi kehidupan untuk membentuk karakter building. Rencana kerja tahun 2018, PPI Bulan Asri berkeinginan menggalakkan wisata Singosari melalui kegiatan seni budaya batik di Pasar Singosari sebagai ikon Kabupaten Malang. Batik tulis PPI Bulan Asri adalah bentuk paguyuban yang dipelopori oleh saya. Kami bertujuan untuk mengangkat Singosari sebagai sumber budaya dan wisata di Kabupaten Malang. Maka itu tujuan Kami agar bisa terwujud Pasar Singosari sebagai sentra budaya belajar membatik buat generasi muda.

Masalah yang Diangkat

PPI Bulan Asri yang saya kelola ini telahpun mengadakan pelatihan kepada masyarakat se Kabupaten Malang. Sudah 217 orang terdiri dari lansia, remaja dan anak-anak. Karena usia dan modal tidak mampu untuk membina mereka dan sudah banyak yang menjadi pengerajin dan berdiri sendiri. -Pada tahun 2013 Kami telah menggelar Expo Batik hasil pelatihan PPI Bulan Asri se Kab.Malang namun belum ada kelanjutan karena kurangnya dukungan -Pada Tahun 2014 telah terbentuk Paguyuban Pengerajin Pembatik Kab. Malang dengan binaan Disperindag -Pada Tahun 2015 menggelar demo membatik dan pelatihan di La Gross Lawang -Pada 2017 menggelar Pelatihan dan Demo Seni membatik di Graha Wiyata Outbond Malang yang dihadiri Kepala Pariwisata dan tidak berkelanjutan Kegiatan ini saya lakukan dengan swadana bertujuan untuk melestarikan Seni Budaya Membatik kepada generasi penerus yang menunjukkan bahwa Kab.Malang penuh dengan budaya leluhur utamanya Singosari dan sekitarnya yang pernah mempunyai kerajaan yang dikenal dunia. Maka atas dasar inilah saya berkeinginan untuk mengangkat Pasar Singosari sebagai sentra belajar membatik. Karena saya rasa belum ada di Indonesia yang menjadikan pasar sebagai sentra/pusat belajar membatik. Selama ini pasar hanya menjadi pusat penjualan batik. Maka besar harapan Kami nantinya dana hibah ini akan kami fokuskan untuk pengembangan Pasar Singosari sebagai Pusat/sentra belajar membatik.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Menjadi lansia SAIKI adalah semboyan saya. SAIKI adalah Sehat Aktif Inspiratif Kreatif dan Inovatif. Dengan adanya kemajuan teknologi berimbas kepada daya beli masyarakat ke Pasar sangatlah berkurang. Bagaimana Kita bisa menjadikan Pasar sebagai pusat kearifan lokal jika daya beli masyarakat Singosari khususnya lebih memilih belanja on line. Maka saya berfikir bagaimana bisa kita menggalakkan daya beli masyarakat jika tidak dibuat inovasi mengangkat perekonomian pedagang dipasar Singosari untuk lebih antusias belajar membatik di Pasar. Adapun yang akan Kami libatkan adalah 40 orang pengerajin yang akan melatih membatik buat masyarakat khususnya generasi muda agar semangat untuk mencintai dan bangga akan produk lokal buatan sendiri. Kedepannya akan Kami adakan demo membatik untuk melestarikan gemar membatik. Rencana ini sesuai dengan rencana kerja 2017. Kami dari PPI Bulan Asri bertujuan menggalakkan wisata ke Singosari, sehingga kegiatan open house yang d lakukan di Pasar Singosari ini bisa menarik wisatawan dalam maupun luar negeri. Kegiatan ini semua akan Kami lakukan sesuai dengan UU No.13 Tahun 1998 tentang kesejahteraan Lanjut Usia. Maka saya akan siap membimbing lansia yang potensial dalam pengembangan dirinya untuk meningkatkan kesejahteraan lansia menjadi lansia yang mandiri, berkarya, berkualitas bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Dana Hibah

Rp.100 Juta

TATI SOEPIHAJARNIWATI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

9 tahun

Situs Web

Media Sosial