Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

879

Judul Proyek

Lokakarya Batik Tulis

Lokasi Proyek

Bandung dan Pekalongan

Deskripsi Proyek

Dalam kegiatan ini saya bekerja sama dengan Komunitas Jendela Ide untuk membuat Lokakarya Batik Tulis yang ditujukan untuk masyarakat umum (WNI dan atau WNA) yang berminat dan mendaftarkan diri untuk mengikuti program dan lolos dari hasil seleksi yang akan kami lakukan. Lokakarya ini akan berbagi ilmu tidak hanya teknis dalam batik tulis tetapi juga sejarah, perkembangan dan ilmu mendesain motif secara modern serta bagaimana mengembangkan potensi batik tulis dari segi motif dan teknis. Sebagai fasilitator atau pengajar akan didatangkan beberapa ahli dalam bidangnya seperti pengusaha batik tulis, pengajar ilmu desain motif, hingga pengrajin batik tulis. Selain itu kami juga ingin memberikan peserta lokakarya pengalaman ke kota industri batik yaitu Pekalongan, di mana di Kota tersebut terdapat banyak perkembangan teknis dalam mengolah batik sehingga peserta dapat melihat serta belajar dengan para pengrajin secara langsung. Lokakarya ini akan bertempat sebagian besar di Jendela Ide, Sabuga, Bandung serta 2-3 hari di Kota Pekalongan. Keluaran dari lokakarya ini adalah pameran batik tulis hasil karya peserta.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Kegiatan ini dilatar belakangi oleh beberapa kegiatan lokakarya yang sudah saya buat bersama teman-teman sesama jurusan Kriya Tekstil dan bekerja sama dengan Jendela Ide sebagai wadah yang mendukung kegiatan positif kreatif anak muda. Berawal dari tahun 2016, saya memulai kegiatan lokakarya yang memiliki fokus dalam mengolah tekstil dengan menggunakan teknik Batik dan Shibori. Dari beberapa pengalaman tersebut saya mendapat banyak reaksi masyarakat yang positif khususnya pada lokakarya Batik yaitu dengan munculnya beberapa Lokakarya Batik yang diadakan oleh pihak-pihak lain di Bandung. Hal tersebut sebenarnya menjadi peluang untuk mengenalkan sofistikasi teknik batik kepada masyarakat secara lebih luas. Langkah pelestarian batik dapat dikatakan berhasil dengan melihat berbagai macam inovasi batik yang ada. Tidak hanya dari segi motif yang menarik, teknik batik yang tradisional sebenarnya memberikan identitas khas yang tidak mampu dicapai kualitasnya oleh mesin. Proses pembuatan batik adalah mengenai pekerjaan tangan yang lekat dengan hal-hal originalitas dan terbatas. Oleh karena itu batik memiliki energi besar untuk dapat menggiring imajinasi kita kepada sesuatu hal yang shopisticated.

Masalah yang Diangkat

Keberadaan Batik tulis sekarang hanya sampai pada nilai kebendaannya dan berujung hanya dapat dinikmati oleh kelompok tertentu. Padahal bentuk langkah untuk melestarikan batik tulis seharusya tidak hanya menjadikannya sebagai barang pakai tetapi juga wadah untuk mengeksplorasi ketrampilan tangan hingga lebih jauh mengeksplorasi narasi diri dengan sifat prosesnya yang meditatif. Pengetahuan material bahan, alur proses serta histori mengenai batik memberikan tawaran baru dalam mendalami langkah melestarikan batik. Oleh karena itu dalam lokakarya ini saya tidak ingin menarik tarif dari peserta. Lokakarya ini bersifat seperti residensi seniman di mana peserta yang akan terpilih kami batasi hanya 5 orang peserta beruntung untuk mendapatkan fasilitas dan dukungan dalam bekarya. Untuk itu dalam permohonan hibah ini dana akan digunakan untuk menutupi semua kebutuhan kegiatan lokakarya seperti bayaran para pengajar, pengadaan alat dan bahan membatik, biaya perjalanan dan tinggal di Kota Pekalongan selama 1-3 hari, pengadaan media partner, dan lain sebagainya.

Durasi Proyek

2 bulan

Indikator Sukses

Indikator sukses saya dari kegiatan yang saya rencanakan adalah ketika terdapat banyak antusias dari peserta yang ingin mendaftar lokakarya batik tulis sehingga saya dan tim Jendela ide selaku pelaksana kegiatan dapat menyaring peserta sebaik mungkin sesuai dengan tingkat keminatannya terhadap Batik Tulis. Sehingga ilmu , daya dan dana yang kami (saya dan Jendela Ide) berikan dapat tertransfer dan digunakan dengan baik. Selain itu dengan adanya media partner, disetiap proses kegiatan kami dapat terdokumentasikan dengan baik.

Dana Hibah

Rp.30 Juta

Ahda Yunia Sekar Fardhani


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Contoh Karya

Situs Web

tidak ada

Media Sosial

@craftnivora