Pemohon Hibah

Laila Tifah


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

15 tahun

Contoh Karya

Situs Web

www.lailatifah.com

Media Sosial

IG @laila_tifah FB Laila Tifah

Proyek


No. Formulir

934

Judul Proyek

! (tanda seru)

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Mengadakan pameran tunggal lukisan dengan kembali ke konsep berkesenian yang hakiki, benar-benar merupakan hasil daya ciptaan dan pemikiran saya, tidak didikte oleh pasar, seseorang, ataupun sekedar mengikuti trend lukisan yang sedang ada.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Setelah 14 tahun berkarya, awal tahun 2018 ini saya sedang dalam persiapan mengadakan pameran tunggal lukisan. Sebagai seorang perempuan dengan kegiatan rutin mengurus kerja domestik yang tidak ada habis-habisnya, saya punya suatu keinginan agar hidup saya menjadi lebih berarti, yaitu dengan cara menghasilkan karya, dimana saya bisa menyuarakan perempuan di dalamnya. Lukisan-lukisan saya banyak mengambil subyek perempuan, dan saya lebih senang menggambarkan perempuan yang tangguh dan kuat dalam peranannya sebagai ibu, sebagai perempuan yang tidak/belum diberi kesempatan menjadi seorang ibu. Beberapa subyek perempuan dalam lukisan saya, juga merupakan simbolisasi ibu sebagai ibu pertiwi. Peristiwa, problema dan benda-benda remeh temeh di sekitar saya sebagai perempuan, biasa saya angkat menjadi subyek lukisan. Dan menjadi tantangan bagi saya untuk mengangkat hal tersebut menjadi suatu subyek yang tidak lagi dikenal keremetemehannya, dimana peranan perempuan begitu kuat di dalamnya.

Masalah yang Diangkat

! (Tanda Seru) , adalah sebagai tanda pengingat (alarm) bagi saya, untuk selalu menghasilkan sebagian besar karya yang benar-benar menyuarakan pemikiran saya. Tidak bisa dipungkiri, bahwa beberapa karya-karya idealis tidak selalu direspon baik oleh pasar. Hal tersebut bisa membuat gamang apakah seorang perupa akan membuat karya sesuai permintaan pasar, ataukah sebaliknya. Suatu idealisasi dalam berkarya perlu dipertahankan karena hal itu merupakan suatu proses dalam berkesenian yang bisa jadi memerlukan waktu yang panjang, dan secara materi belum tentu bisa mencukupi kebutuhan berkesenian perupa. Walaupun demikian bukanlah menjadi suatu alasan untuk mandeg berkarya. Dengan adanya dana hibah seperti ini, sangat membantu mewujudkan idealisasi karya tanpa menghiraukan kepanikan apakah karya saya nanti akan direspon dengan baik atau tidak oleh pasar, karena dalam mengadakan pameran, tidak selalu materi tujuannya, bukan pula hitung-hitungan untung rugi berapa dana yang sudah dikeluarkan. Tetapi ada tujuan lain, saya bisa menuangkan pemikiran saya sebagai perempuan dalam bentuk karya dan menyampaikannya ke masyarakat lewat pameran. Untuk itu saya mengajukan dana hibah secukupnya saja, karena yang terpenting bagaimana saya bisa segera mendapatkan akses untuk segera mulai berkarya dan mewujudkannya dalam bentuk pameran tunggal.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Karya dalam bentuk lukisan idealis terwujud, kepuasan batiniah tercapai, apa yang ingin saya sampaikan lewat karya dapat terwujud lewat suatu pameran yang mudah diakses pengunjung umum.

Dana Hibah

Rp.65 Juta