Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

951

Judul Proyek

Penulisan Novel Permasalahan Perempuan di Era Modern

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Penulis akan melakuka riset di LSM Perempuan Rifka Annisa yang berada di Yogyakarta sebagai LSM pelopor pengayom perempuan di Indonesia. Dengan mengamati secara langsung dan mendengar masalah-masalah yang dihadapi oleh perempuan-perempuan yang berada di sana diharapkan dapat memberikan inspirasi pada penulis dalam menyusun karya sehingga cerita-cerita yang sering kali dipandang sebelah mata dapat terekpos lugas dalam sebuah karya sastra.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Proyek ini didasai oleh keprihatinan penulis terhadap nasib perempuan yang meski sudah memasuki era modern, kesetaraan gender belum sepenuhnya dihayati oleh penduduk Indonesia. Masih banyak stigma negatif dan kebudayaan yang mengungkung kebebasan perempuan dalam menentukan jalan hidupnya sendiri.

Masalah yang Diangkat

Fokus utama dalam riset ini adalah masalah perempuan yang berkaitan dengan isu kekerasan dalam rumah tangga, trauma korban pemerkosaan yang bukan hanya terluka secara psikologis namun juga mendapat pandangan miring dari lingkungan sosialnya bahkan didorong untuk menikah dengan si pemerkosa.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Keberhasilan proyek ini dinilai dengan indikator selesainya karya sastra yang penulis kerjakan dan diterimanya karya tulis tersebut oleh penerbit sehingga karya tersebut dapat dibaca secara luas oleh seluruh masyarakat Indonesia. Diharapkan dengan tersebarnya karya sastra tersebut lebih banyak orang yang peduli dengan masalah perempuan di sekitarnya. Dan perempuan yang berjuang dengan permasalahannya tahu ke mana dirinya harus melangkkah meminta pertolongan.

Dana Hibah

Rp.20 Juta

Citra Ayuning Tyas


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

sastra

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Situs Web

Media Sosial

@Citra_Chocola (IG)