Pemohon Hibah

Trienani Hariyanti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

11 bulan.

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

f-010

Judul Proyek

Arsip Digital Basa Samawa

Lokasi Proyek

Sumbawa, NTB

Deskripsi Proyek

Mengumpulkan sumber daya Basa Samawa (Bahasa Sumbawa) yang terdiri dari 4 dialek utama berupa proses perekaman dari narasumber terkait, pengumpulan teks dari berbagai genre serta membuatnya tersedia dalam bentuk sebuah website yang didukung secara sukarela oleh penutur aktif. Selain itu, proyek ini juga ingin mempublikasikan sumber daya yang telah dikumpulkan dalam sebuah workshop terkait dialek standar dan karya ilmiah yang dipresentasikan pada konferensi internasional di Indonesia.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Ketika saya mengangkat topik riset pada bidang Pemrosesan Bahasa Alami (Natural Language Processing) dan mengumpulkan sumber daya untuk membangun model Bahasa secara komputasi, saya menemukan fakta bahwa minimnya dokumentasi fisik berupa tulisan/buku yang menggunakan Basa Samawa. Lebih lanjut, Basa Samawa ternyata tidak masuk dalam kurikulum yang ada di semua tingkatan Pendidikan di Sumbawa. Hal ini berakibat pada minimnya jumlah sumber daya dan dapat mempengaruhi eksistensinya di masa depan. Menjadikannya sebagai obyek riset dalam bentuk proses digitalisasi dan publikasi kepada khalayak umum termasuk dunia internasional akan semakin menumbuhkan rasa kecintaan dan kebanggaan tersendiri terhadap penuturnya. Untuk saat ini, saya telah mempresentasikan rencana proyek ini dalam simposium “The 11-Symposium of Science and Humanity in the 21st Century” pada tanggal 3 maret 2018 di Tokyo, Jepang dengan judul “Samawa Language Project: Its Policy and Approach.” Kemudian, pada tanggal 26-29 April 2018, saya akan melakukan oral presentasi untuk paper yang berjudul “Samawa Language: Part of Speech Tagset and Tagged Corpus for NLP Resources” pada “2nd International Conference on Artifical Intelligence, Automation and Control Technologies (AIACT 2018)” yang akan diadakan di Osaka, Jepang.

Masalah yang Diangkat

Minimnya dokumentasi fisik dalam bentuk tulisan dan suara dari empat dialek utama Basa Samawa meskipun memiliki penutur yang cukup banyak.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

(1) Terkumpulnya sumber daya dalam bentuk tulisan dan audio dari 4 (empat) dialek utama Basa Samawa, (2) Terselenggaranya workshop dengan fokus Basa Samawa dialek Sumbawa Besar sebagai Bahasa standar, (3) Terpublikasinya Sumber daya dalam bentuk website dan karya ilmiah yang dipresentasikan pada konferensi internasional di Indonesia.

Dana Hibah

Rp.100 Juta