Pemohon Hibah

Proyek


No. Formulir

f-019

Judul Proyek

Menyemarakan dan mengembangkan seni hadroh, marawis dan gambus

Lokasi Proyek

Desa Cikedung, Indramayu

Deskripsi Proyek

Seni Musik Seni Musik sangatlah banyak, salah satunya adalah seni hadroh, marawis dan gambus. Jenis seni musik ini lebih dominan dikenal dengan arabisme. Padahal pada hakekatnya tidak demikian. Memang di awal kemunculannya dan memang asalah mulanya dari arab. Secara otomatis musik dan corak lagu yang digunakanpun yang kearab-araban(Nasyid). Tapi dalam perkembangannya jenis musik inipun bisa di mainkan untuk tema lagu yang nada arab. Bahkan oleh sebagian pemusik jenis musik ini sering juga dikolaborasikan dengan jenis-jenis musik yang lain. Sehingga menjadi keunikan keindahan tersendiri manakala mampu mengolahnya dengan dicampursarikan atau dangdut koplo dan sebagainya. Mungkin juga jika piawai dalam jenis musik ini bisa mengantarkan kita ke kancah nasional bahkan internasional. Contohnya adalah Habib Syekh bin Abd. Qodir ASsegaf bersama jami'iyyahnya (kelompoknya). Dengan berbasis musik ini bisa diterima di semua kalangan bahkan di undang oleh tokoh-tokoh nasional dan mancaranegara juga di hasilkan dalam even-even yang sangat istimewa bahkan di istana-istana negara. Fans beliau yang dikenal dengan "syekher mania" itu jumlahnya jutaan.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Di era "zaman now" ini peminat musik hadroh, marawis, dan gambus semakin membludak. Hal itu bisa dilihat dari seluruh menjamanya group-group hadroh, atau marawis atau gambus di seluruh plosok negri dan mulai perkotaan sampai ke kampung-kampung kecil di pedesaan, sehingga wabah "syekher mania" yakni gandrung terhadap musik di atas juga melanda para orang-orang tua, muda-mudi, bahkan anak-anak di daerah saya. Even-even perlombaan dengan mengusung musik inipun akhirnya bermunculan. Dari sini saya yang sudah lama menemani dan membina remaja-remaja, muda-mudi di kampung saya ingin sekali memperkaya khajanah seni mereka dengan musik-musik seperti tadi, agar mereka bisa menyesuaikan diri dan siap tampil untuk menghadapi berbagai tantangan dan kemajuan zaman(tidak ketinggalan zaman).

Masalah yang Diangkat

Sebetulnya kami sudah memulai, membimbing dan melatih mereka sejak tahun 2008. Namun karena keterbatasan alat dan lain-lain. Sedangkan kemajuan musik ini dari segi alat-alatnya, ferformennya, modal dan varia nasyidnya. Saya belum bisa membimbing mereka lebih dari ala kadarnya. Adapun peminat musik ini semakin menggeliat bertambah dari hari ke hari. Peserta latihanpun datang dari berbagai daerah. Oleh sebab itu dengan melalui cipta media ekspresi saya meminta hibah untuk menunjang kelompok seni agar lebih baik dan lebih sempurna.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Indikator Sukses: - Alat-alat hadroh lengkap dan memadai. - Pemilihan job untuk pemainnya tepat. - Pemainnya berseragam lengkap dan mewah. - Mampu untuk memainkan aneka ragam lagu dan nasyid. - Penampilannya disukai oleh khalayak banyak. - Terlihat sering mengisi acara-acara penting. - Dan lain-lain.

Dana Hibah

Rp.202.350 Juta

Uswatun Hasanah


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial