Media Petani Pintar (MPP)

047

047 - Media Petani Pintar (MPP)

Informasi yang masih minim di dapatkan oleh para petani banyak mengakibatkan memburuknya produktifitas hasil tani ditambah minimnya forum konsultasi yang diberikan pemerintah bagi petani. Maka dengan program Media Petani Pintar (MPP) , semua petani diharapkan dapat lebih baik dalam mengelola pertaniannya. Media Petani Pintar (MPP) akan memberi informasi melalui media SMS dengan targeting petani yang tepat bedasarkan jenis pertaniannya. Petani juga akan mendapatkan konsultasi gratis dengan tanya jawab melalui SMS. Selain memberi informasi, penyuluhan dan konsultasi melalui SMS. Media Petani Pintar (MPP) akan membantu pemasaran produk hasil petani dengan memberikan informasi daftar pengepul yang memberi harga tinggi. Serta Media Petani Pintar (MPP) juga akan menerbitkan majalah tani yang akan dibagikan secara gratis dengan topik majalah disesuaikan dengan kebutuhan yang sering ditanyakan petani melalui media Konsultasi SMS.

Nomor:
047

Nama Lengkap Inisiator:
Nanda Rusmana

Lokasi:
Sumatera Utara

Organisasi:
Komunitas Medan IDEA

Judul Proyek:
Media Petani Pintar (MPP)

Lama Aktivitas:
6 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Petani Sumatera Utara

Ukuran Keberhasilan:
10.000 petani terdaftar pada Media Petani Pintar (MPP) dalam setahun.

Tipe Konten:
Teks informasi cuaca, Pembibitan ,harga komuditas, bercocok tanam, Tempat Pemasaran,Konsultasi,audit pertanian

Strategi Distribusi:
– Sosialisasi ke Kelompok Tani<br /> – Pendataan Petani<br /> – Memberi SMS Pintar Kepada Petani<br /> – Memberikan SMS Tanya Jawab<br /> – Memberikan SMS Audit<br /> – Memberikan SMS Pemasaran<br /> – Menjalin SponsorSip Ke Perusahan Swata dan Pemerintahan yang terkait

Kuantitas Output Konten:
1 sms pintar untuk petani/hari 1 topik SMS tanya jawab untuk petani/perhari 1 sms Audit Pertanian untuk petani/minggu 1 sms pemasaran hasil tani untuk petani / hari (masa panen )

Dana yang Diminta:
Rp. 800 Juta

Deskripsi Proyek:
Informasi yang masih minim di dapatkan oleh para petani banyak mengakibatkan memburuknya produktifitas hasil tani ditambah minimnya forum konsultasi yang diberikan pemerintah bagi petani. Maka dengan program Media Petani Pintar (MPP) , semua petani diharapkan dapat lebih baik dalam mengelola pertaniannya. Media Petani Pintar (MPP) akan memberi informasi melalui media SMS dengan targeting petani yang tepat bedasarkan jenis pertaniannya. Petani juga akan mendapatkan konsultasi gratis dengan tanya jawab melalui SMS.<br /> Selain memberi informasi, penyuluhan dan konsultasi melalui SMS. Media Petani Pintar (MPP) akan membantu pemasaran produk hasil petani dengan memberikan informasi daftar pengepul yang memberi harga tinggi. Serta Media Petani Pintar (MPP) juga akan menerbitkan majalah tani yang akan dibagikan secara gratis dengan topik majalah disesuaikan dengan kebutuhan yang sering ditanyakan petani melalui media Konsultasi SMS.

Definisi Masalah:
Membantu para petani untuk memaksimalkan hasil taninya dari awal pengolahan lahan, bibit , penanaman, perawatan hingga pemasaran.

Cara Mengatasi:
Media Petani Pintar (MPP) akan memberikan layanan SMS pintar. Kami sebut SMS pintar karena dapat memberikan informasi kepada para petani terdaftar bedasarkan jenis pertaniannya, geografis dan jadwal penanaman serta kecocokan jenis tani pada keadaan cuaca yang sedang terjadi. Jika Petani mengalami sebuah masalah dalam bercocok tanam maka Media Petani Pintar (MPP) menyediakan layanan SMS Tanya Jawab. Semua hasil tanya jawab akan kami kumpulkan dan kami proses langsung.Serta dari hasil tanya jawab akan kami ciptakan solusi lebih lengkap dalam bentuk majalah gratis. Media Petani Pintar (MPP) akan selalu mengaudit hasil pertanian melalui SMS Kuisioner.

Perkembangan Proyek