Guru Berani

082

082 - Guru Berani

Guru Berani adalah suatu program ajakan kepada guru-guru di daerah terpencil, terluar dan terdepan Indonesia agar berani melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara berbeda dari biasanya yakni menggunakan metode pembelajaran berlingkung dengan cara memanfaatkan salah satu dari potensi alam fisik, alam hayati, alam nabati, kebudayaan, masyarakat dan agama di daerahnya sebagai sumber utama pembelajaran tanpa keluar dari isi kurikulum nasional.

Program Guru Berani secara tidak langsung juga sekaligus menjadi media bagi guru untuk mengenalkan anak didik dengan sumber potensi lingkungnya yang kaya agar bisa dimanfaatkan secara optimal sebagai modal peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Nomor:
082

Nama Lengkap Inisiator:
Ir. Kalih Raksasewu

Lokasi:
Bogor, Jawa Barat

Organisasi:
Komunitas True

Judul Proyek:
Guru Berani

Lama Aktivitas:
10 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Guru SD-SMA di wilayah timur Indonesia

Ukuran Keberhasilan:
Keterlibatan aktif 10 dinas Pendidikan Daerah (3 bulan pertama)
100 video kegiatan pembelajaran berlingkung
1000 sms guru berani berisi cerita dan pengalaman mereka melaksanakan pembelajaran berlingkung

Tipe Konten:
Teks ajakan persuasif, tantangan kreataif dan toolkits kegiatan pembelajaran berlingkung lengkap dengan worksheet serta metode evaluasinya.

Strategi Distribusi:
Menjalin kerjasama dengan dinas pendidikan daerah dan memanfaatkan media lokal setempat dalam mempromosikan program termasuk membentuk komunitas guru daerah.

Kuantitas Output Konten:
Mengirim 500 dan menerima 50 sms guru berani perhari. Menerima 10 video guru berani melaksanakan kegiatan pembelajaran berlingkung setiap bulannya.

Dana yang Diminta:
Rp. 2 Milyar

Deskripsi Proyek:
Guru Berani adalah suatu program ajakan kepada guru-guru di daerah terpencil, terluar dan terdepan Indonesia agar berani melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara berbeda dari biasanya yakni menggunakan metode pembelajaran berlingkung dengan cara memanfaatkan salah satu dari potensi alam fisik, alam hayati, alam nabati, kebudayaan, masyarakat dan agama di daerahnya sebagai sumber utama pembelajaran tanpa keluar dari isi kurikulum nasional.<br /> <br /> Program Guru Berani secara tidak langsung juga sekaligus menjadi media bagi guru untuk mengenalkan anak didik dengan sumber potensi lingkungnya yang kaya agar bisa dimanfaatkan secara optimal sebagai modal peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Definisi Masalah:
Guru di daerah pedalaman seringkali merasa bingung dan kesulitan menemukan cara bagaimana menyampaikan satu materi pelajaran yang bisa menanamkan pengetahuan, mengasah keterampilan serta membentuk karakter anak didik dalam satu waktu sekaligus. Sebagian besar dari mereka masih menggunakan metode konvesional menyampaikan materi lewat ceramah dan pemberian tugas semata sehingga proses pembelajaran menjadi kaku dan membosankan. Guru masuk ke dalam kelas demi sekedar menggugurkan kewajiban semata dan pada akhirnya kualitas pendidikan di daerah tertinggal jauh padahal mereka memiliki kapasitas yang sama dengan guru kota.

Cara Mengatasi:
Mengirim pesan singkat kepada guru berisi ajakan untuk berani melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan lingkungan daerah sebagai sumbernya sekaligus membekali mereka dengan seperangkat alat (metode) sederhana berisi panduan teknis menggali, mengeksplorasi dan memanfaatkan kekayaan lingkungan daerah untuk disajikan sebagai materi pembelajaran bersama anak didik di sekolah.

Perkembangan Proyek