Representasi Digital dari Bangunan/Situs Sejarah dan Budaya Indonesia

115

115 - Representasi Digital dari Bangunan/Situs Sejarah dan Budaya Indonesia

Pembuatan replika digital dan informasi bangunan/situs sejarah dan budaya Indonesia (mis. candi, pura, museum, dll.) dalam bentuk 3 dimensi secara mendetail yang bisa diakses dari mana pun menggunakan ponsel, tablet atau komputer.

Nomor:
115

Nama Lengkap Inisiator:
Budiman Husain

Lokasi:
Sidoarjo, Jawa Timur

Judul Proyek:
Representasi digital dari bangunan/situs sejarah dan budaya Indonesia dalam bentuk 3D yang dapat diakses secara online.

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Siswa sekolah & perguruan tinggi di dunia, Indonesia khususnya

Ukuran Keberhasilan:
Membuat replika minimal 3 bangunan/situs (mis. Candi Borobudur, Prambanan, Monumen Kapal Selam, atau yang lain.)
Diakses dari minimal 10 sekolah dari berbagai daerah di Indonesia.

Tipe Konten:
Virtual world (dunia 3 dimensi yang bisa dijelajahi)
Website penunjang yang berisi bermacam informasi dan multimedia mengenai obyek yang ada.

Strategi Distribusi:
Konten diletakkan dalam server berbasis opensim.<br /> Rencana A : Menggunakan fasilitas OS Grid<br /> Rencana B : Membuat sendiri server grid.<br /> Promosi dilakukan melalui Internet, road show ke sekolah-sekolah, dan publikasi melalui media masaKonten diletakkan dalam server berbasis opensim.<br /> Rencana A : Menggunakan fasilitas OS Grid<br /> Rencana B : Membuat sendiri server grid.<br /> Promosi dilakukan melalui Internet, road show ke sekolah-sekolah, dan publikasi melalui media masa

Kuantitas Output Konten:
Minimal 3 bangunan/situs. Minimal 50 halaman informasi dalam bentuk website. Minimal 10 Video dengan durasi minimal 1 menit

Dana yang Diminta:
Rp. 350 Juta

Deskripsi Proyek:
Pembuatan replika digital dan informasi bangunan/situs sejarah dan budaya Indonesia (mis. candi, pura, museum, dll.) dalam bentuk 3 dimensi secara mendetail yang bisa diakses dari mana pun menggunakan ponsel, tablet atau komputer.

Definisi Masalah:
Bangunan dan situs sejarah dan budaya Indonesia sangat beragam, kaya informasi dan bernilai tinggi. Namun untuk memepelajarinya, kita harus mengunjungi tempat-tempat tersebut. Karena begitu luasnya wilayah Indonesia menjadikan hal tersebut membutuhkan biaya yang tinggi, sehingga sangat mengurangi kesempatan untuk mempelajari lebih banyak dan detail dari bermacam-macam situs tersebut.

Cara Mengatasi:
Mengantarkan obyek studi ke penjuru Indonesia dengan cara membuat replika digital dan informasi bangunan/situs sejarah dan budaya Indonesia (mis. candi, pura, museum, dll.) dalam bentuk 3 dimensi. Replika digital 3 dimensi ini dibentuk dan dibangun dalam server grid berbasis opensim (seperti yang digunakan Second Life dan OS Grid).<br /> <br /> Hasilnya bisa diakses melalui ponsel Android menggunakan Lumiya Viewer atau Mobile Grid Client. Selain itu juga bisa diakses dari komputer desktop menggunakan bermacam-macam aplikasi viewer (Firestorm, Phoenix, dll.)<br /> <br /> Yang dilakukan pada proyek ini bukan hanya bentuk 3d saja, namun juga beragam informasi sebanyak mungkin yang bisa dipelajari oleh pengguna.

Perkembangan Proyek