IMOLEMS – Indonesian Mobile Learning Management System

149

149 - IMOLEMS – Indonesian Mobile Learning Management System

IMOLEMS adalah inisiatif untuk mengembangkan aplikasi Mobile Learning Management System dengan pendekatan nuansa Indonesia dengan keberagaman budaya dan bahasa. Pada tahap awal akan dikembangkan berbasis akses teknologi internet dan khusus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran jarak jauh SMA/K. Namun seiring dengan proyeksi perkembangan konvergensi teknologi internet dengan teknologi TV Digital maka proyeksi jangka panjang akan dikembangkan menggunakan akses teknologi Digital Broadcasting. Hal ini seiring dengan yang dilakukan oleh ICT R n D UNISSULA yang melakukan ujicoba dan penelitian penggunakan teknologi TV Digital untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Nomor:
149

Nama Lengkap Inisiator:
Gunawan

Lokasi:
Semarang, Jawa Tengah

Organisasi:
ICT R n D UNISSULA

Judul Proyek:
IMOLEMS - Indonesian Mobile Learning Management System

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Siswa/siswa SMA/K di Jawa Tengah namun akan dikembangkan untuk seluruh Indonesia

Ukuran Keberhasilan:
Aplikasi IMOLEMS digunakan oleh 100 SMA/K dengan jumlah user 10.000 siswa.

Tipe Konten:
Aplikasi yang dapat diakses secara mobile dengan bahasa dan user interface lebih familiar dengan nuansa keberagaman budaya dan bahasa di Indonesia

Strategi Distribusi:
Kuantitias dan kualitas pendidikan di Indonesia belum merata sehingga perlu ada aplikasi yang dapat menjembatani permasalahan tersebut. Dengan adanya aplikasi IMOLEMS dan disupport dengan content yang interaktif dari sekolah favorit maka akhirnya semua content pembelajaran dapat diakses oleh semua siswa diseluruh indonesia dengan mudah. SMA/K di Indonesia tidak semua memiliki infrastruktur TIK yang bagus sehingga diperlukan support aplikasi yang dapat dioptimalkan sekolah tanpa harus membangun infrastruktur TIK sendiri di Sekolah.<br /> <br /> – Kerjasama dengan perguruan tinggi lain (tahap awal di Jawa Tengah dulu) untuk menjalankan program pengabdian masyarakat bidang pendidikan dengan melakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan penggunakan aplikasi IMOLEMS termasuk strategi pembuatan contentnya. Program pengabdian masyarakat ini memang menjadi salah satu TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI.<br /> – Kerjasama dengan lembaga sosial dan perusahaan termasuk LSM dan ORMAS yang peduli terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia

Dana yang Diminta:
Rp. 700 Juta

Deskripsi Proyek:
IMOLEMS adalah inisiatif untuk mengembangkan aplikasi Mobile Learning Management System dengan pendekatan nuansa Indonesia dengan keberagaman budaya dan bahasa. Pada tahap awal akan dikembangkan berbasis akses teknologi internet dan khusus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran jarak jauh SMA/K. Namun seiring dengan proyeksi perkembangan konvergensi teknologi internet dengan teknologi TV Digital maka proyeksi jangka panjang akan dikembangkan menggunakan akses teknologi Digital Broadcasting.<br /> Hal ini seiring dengan yang dilakukan oleh ICT R n D UNISSULA yang melakukan ujicoba dan penelitian penggunakan teknologi TV Digital untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Definisi Masalah:
Data dari Kemdikbud, diperkirakan sekitar 1,2juta siswa SMP tidak melanjutkan pendidikan ke SMA/sederajat. Oleh karena itu Kemdikbud akan menjalankan program SMA terbuka dengan kombinasi pembelajaran online dan offline.<br /> Belum meratanya kualitas dan kuantitas pendidikan di kota besar dengan daerah luar kota (bahkan luar jawa) menuntut adanya program strategis mengembangkan layanan pendidikan yang dapat di akses seluruh masyarakat di Indonesia.Sampai saat ini belum ada Learning Management System (LMS) yang benar-benar bisa dikatakan cocok dengan sistem pembelajaran di Indonesia.<br /> Oleh karena itu IMOLEMS dikembangkan untuk menjadi solusi sebagai Learning Management System pembelajaran jarak jauh secara mobile dengan tetap mengedepankan nuansa keberagaman budaya dan bahasa di Indonesia.

Cara Mengatasi:
Mengembangkan Learning Management System Mobile yang dapat diakses dengan ringan melalui perangkat smartphone yang dapat digunakan oleh SMA/K diIndonesia. Tahapan yang akan dilakukan :<br /> – Komunikasi dengan Kampus ataupun SMA/K yang sudah menjalankan pembelajaran online menggunakan LMS untuk mendapatkan evaluasi kelemahan dan kelebihan sistemnya<br /> – Komunikasi dengan perwakilan SMA/K untuk mengembangkan IMOLEMS<br /> – Perancangan dan Pembangunan sistem aplikasi<br /> – Ujicoba aplikasi IMOLEMS di beberapa SMA/K terpilih sekaligus produksi content<br /> – Ujicoba apliklai IMOLEMS untuk regional dan nasional<br /> – Mengoptimalkan IMOLEMS dan produksi content pembelajaran untuk mendukung pemerataan pendidikan khusus program Ujian Nasional dan Ujian Masuk Perguruan TInggi.

Perkembangan Proyek