Media Informasi Pertanian

178

178 - Media Informasi Pertanian

Latar Belakang program yang kami ajukan berangkat dari permasalahan pertanian yang ada di kabupaten bantul dan sekitarnya. yaitu minimnya informasi dan edukasi bagi petani serta program pemerintah yang kurang sesuai dengan kondisi pertanian yang ada . Media Informasi Pertanian perlu di bangun sehingga membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanianya dengan memberikan informasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Bagi pemerintah dapat mengetahui kondisi nyata pertanian sehingga kebijakan yang di buat tepat dan sesuai dengan kondisi pertanian daerah. Media informasi pertanian ini akan memanfaatkan teknologi seperti SMS , WEB dan Papan Informasi Digital.

Nomor:
178

Nama Lengkap Inisiator:
Mabrur Roh Bintang Jaya

Lokasi:
Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Organisasi:
Ikatan Mahasiswa Bantul

Judul Proyek:
Media Informasi Pertanian

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Petani,UKM,Pemerintah,Masyarakat umum di Kabupaten Bantul

Ukuran Keberhasilan:
10.000 petani yang ada di kabupaten bantul menggunakan media informasi pertanian ini pada tahun pertama, serta terbentuknya komunitas petani daerah setelah 1 tahun pelaksanaan program.

Tipe Konten:
Konten yang terdapat dalam media ini di antaranya :
1.Teks Informasi berupa harga jual hasil pertanian, ketersediaan bibit dan pupuk , alat-alat pertanian,penyuluhan program pertanian.
2. informasi calon pembeli
3. teks informasi untuk menampung aspirasi petani
4. teks informasi harga beli bagi konsumen

Strategi Distribusi:
1.Penyebaran informasi melalui SMS Broadcast kepada petani<br /> 2. Membuat Akun sosial media gerakan tani mandiri<br /> 3.Bekerjasama dengan dinas pertanian dan kelompok pertanian yang ada di kabupaten Bantul untuk mendukung gerakan media informasi pertanian ini.<br /> 4.mensosialisasikan media infomasi pertanian ini kepada petani secara langsung<br /> 5. mensosialisasikan gerakan media informasi pertanian ini pada event-event yang berkaitan dengan pertanian.<br /> 6. Pembuatan iklan melalui spanduk untuk mengajak petani berpartisipasi pada media informasi pertanian ini

Kuantitas Output Konten:
target output SMS yang akan dikirim perhari kurang lebih sebanyak 10.000, sedangkan yang diterima perharinya sekitar 3.000 SMS.

Dana yang Diminta:
Rp. 300 Juta

Deskripsi Proyek:
Latar Belakang program yang kami ajukan berangkat dari permasalahan pertanian yang ada di kabupaten bantul dan sekitarnya. yaitu minimnya informasi dan edukasi bagi petani serta program pemerintah yang kurang sesuai dengan kondisi pertanian yang ada .<br /> Media Informasi Pertanian perlu di bangun sehingga membantu petani dalam meningkatkan produksi pertanianya dengan memberikan informasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Bagi pemerintah dapat mengetahui kondisi nyata pertanian sehingga kebijakan yang di buat tepat dan sesuai dengan kondisi pertanian daerah.<br /> Media informasi pertanian ini akan memanfaatkan teknologi seperti SMS , WEB dan Papan Informasi Digital.

Definisi Masalah:
Banyaknya permasalahan yang di hadapi oleh petani di kabupaten bantul dan sekitarnya seperti :<br /> 1.harga jual hasil pertanian yang tidak pasti<br /> 2.cuaca yang tidak menentu<br /> 3.kebijakan pemerintah yang kurang sesuai dengan kondisi pertanian di daerah<br /> 4.informasi ketersedian bibit dan pupuk yag sulit di dapatkan petani<br /> 5.distribusi informasi penyuluhan kepada petani yang kurang maksimal.<br /> 6. petani tidak dapat menjual hasil pertaniannya secara mandiri.

Cara Mengatasi:
untuk mengatasi persoalan di atas, program media informasi pertanian ini menggunakan teknologi yang sesuai dan tepat guna yaitu SMS sebagai distribusi informasi kepada petani untuk memberikan konten informasi berupa harga jual hasil pertanian, ketersediaan bibit dan pupuk , alat-alat pertanian,penyuluhan program pertanian dan menghubungkan petani kepada pembeli langsung bagi petani yang memiliki keterbatasan komunikasi, kemudian web sebagai media informasi pertanian daerah untuk masyarakat. Papan informasi digital yang di tujukan untuk memberikan informasi harga beli produk pertanian terhadap konsumen secara real time.

Perkembangan Proyek