332lab: Database & Media Seluler untuk Perkembangan Pengetahuan Desain, Kriya, dan Arsitektur Indonesia

214

214 - 332lab: Database & Media Seluler untuk Perkembangan Pengetahuan Desain, Kriya, dan Arsitektur Indonesia

332lab adalah sebuah knowledge support di bidang desain, kriya, dan arsitektur Indonesia yang berbasis web & applikasi seluler. 1 tahun ke depan 332lab akan membangun media & database yang tertaut dg aplikasi seluler. Kegiatan utama proyek ini: merancang website & aplikasi seluler, mengumpulkan data awal, menulis artikel & mempublikasinya di website 332lab, melakukan diseminasi & distribusi konten melalui medsos & kegiatan offline, & melakukan penetrasi informasi ke media-media. Visi 332lab: keterbukaan informasi dan pengetahuan desain & kriya; perkembangan desain progresif yg selaras dg keberagaman budaya & kriya nusantara; terciptanya pelaku desain dan kriya yang berkualitas dan beretika dalam berpraktik; kesejahteraan pelaku bidang ini.

Nomor:
214

Nama Lengkap Inisiator:
Gita Hastarika

Lokasi:
Jakarta Barat

Organisasi:
332lab, sebuah knowledge support di bidang desain dan kriya Indonesia

Judul Proyek:
32lab: Database & Media Seluler untuk Perkembangan Pengetahuan Desain, Kriya, dan Arsitektur Indonesia

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Beneficiaries: Desainer produk, perajin, arsitek, komunitas pecinta desain & kriya. Stakeholder: produsen produk, akademisi dan peneliti desain dan arsitektur, media, mahasiswa desain dan arsitektur, pemilik toko, pembuat kebijakan, masyarakat umum

Ukuran Keberhasilan:
– Jumlah viewer website minimal 5000 per bulan (sekarang rata-rata 1700 per bulan).
– Jumlah pengunduh apps sebanyak 100 ponsel pada tahun pertama, dan akan terus bertambah pada tahun selanjutnya.
– Jumlah konten database minimal mencapai 500 entry yg terdiri dari pelaku, karya, sentra kerajinan, jenis material, jenis teknik, toko, event, venue, organisasi, inisiatif, universitas, media, sertifikasi, penghargaan.
– Memiliki minimal 50 kontak redaksi media umum, tematik, dan blogger/media sosial dalam dan luar negeri, untuk dikirimkan update database dan newsletter 332lab.
– Pada akhir program, jumlah artikel 332lab akan mencapai minimal 50 artikel (5x10bln) & konten database min. 500 entry mencakup wilayah kegiatan desain dan kriya di P. Jawa, Bali, & Lombok.

Tipe Konten:
- artikel/teks pengetahuan, informasi, wacana, kritik, dan kabar terbaru di dunia desain (+ foto atau video penunjang) yang terbagi dalam rubrik: discussion, portfolio, profile, workspace, neighborhood, heritage, & event.
- database ekosistem desain: desainer, perajin, organisasi desain, produk, material, teknik, sentra kerajinan, pabrik/workshop, universitas desain, penghargaan, sertifikat, event, inisiatif, toko, venue event desain, dan daerah sumber bahan baku. (teks+foto)
- peta lokasi studio desainer, sentra kerajinan, pabrik/workshop, universitas desain, toko produk desain dan kerajinan, venue, dan daerah sumber bahan baku.
- teks tentang pengetahuan & informasi desain & kriya dalam bentuk twit
- foto-foto produk desain melalui instagram & pinterest

Strategi Distribusi:
-menautkan web dg FB, twitter, pinterest, instagram<br /> -membuat apps pd iphone, android, googlephone &blackberry. Dg apps, pengguna ponsel mendapat notifikasi tiap mendekati lokasi kegiatan, akan ada event baru, & konten bertambah<br /> -membuat newsletter disebarkan via email, BM & sms ke beneficiaries &stakeholder 332lab<br /> -kultwit 1 topik per hari, posting konten 332lab terbaru di FB dg men-tag akun komunitas kreatif, mem-posting foto di instagram&pinterest<br /> -membuat program ”Nilai Desain Kami” di twitter<br /> -menjadi pembicara di acara komunitas, membuat diskusi<br /> -bekerjasama dg organisasi desain dalam pengumpulan data & sosialisasi<br /> -meletakkan perangkat publikasi dg keterangan website, akun media sosial, & barcode 332lab di toko & venue<br /> -menjadi media partner event desain

Kuantitas Output Konten:
- konten artikel akan bertambah 5 artikel per bulan = 50 artikel di akhir program (sekarang seluruh konten berjumlah 137). - konten database min. 500 entry pada akhir program - akun twitter akan men-twit 1 topik artikel sehari = total ±300 kultwit selama 10 bulan - page FB selalu mem-posting profil satu desainer/perajin/brand/teknik/material/toko per hari selama 1 bulan. Total ±300 post di FB - bbm & sms link website (bersamaan dengan pembaharuan konten) tiap 2 minggu sekali = ±20 broadcast message & sms - newsletter ter-email sebulan sekali selama 10 bulan ke beneficiaries, media, dan stakeholders = total ±10 newsletter di akhir program

Dana yang Diminta:
Rp. 348 Juta

Deskripsi Proyek:
332lab adalah sebuah knowledge support di bidang desain, kriya, dan arsitektur Indonesia yang berbasis web & applikasi seluler. 1 tahun ke depan 332lab akan membangun media & database yang tertaut dg aplikasi seluler. Kegiatan utama proyek ini: merancang website & aplikasi seluler, mengumpulkan data awal, menulis artikel & mempublikasinya di website 332lab, melakukan diseminasi & distribusi konten melalui medsos & kegiatan offline, & melakukan penetrasi informasi ke media-media. Visi 332lab: keterbukaan informasi dan pengetahuan desain & kriya; perkembangan desain progresif yg selaras dg keberagaman budaya & kriya nusantara; terciptanya pelaku desain dan kriya yang berkualitas dan beretika dalam berpraktik; kesejahteraan pelaku bidang ini.

Definisi Masalah:
1) permasalahan & pengetahuan kriya & desain blm terpetakan ? memetakan pengetahuan & permasalahan desainer & kriya Indonesia<br /> 2) Adanya gap pengetahuan & informasi di antara desainer, perajin, produsen, dan konsumen ? menransfer pengetahuan masing2 pelaku ke pelaku lainnya melalui tulisan & diseminasi<br /> 3) Minimnya informasi yg lengkap & mendalam tentang permasalahan desain, kriya, arsitektur-?menambah media desain (332lab) & tulisan2 desain di media umum<br /> 4) Minimnya ruang berbagi pengetahuan tentang desain, kriya, & arsitektur?membangun ruang berbagi pengetahuan online & offline<br /> 5) Minimnya apresiasi terhadap produk, pengetahuan desain&kriya, & craftsmanship Indonesia?meningkatkan apresiasi

Cara Mengatasi:
-mendesain website database & apps seluler<br /> -melakukan survey ke lokasi kegiatan desain & sentra kerajinan utk pengumpulan data awal (th 1: P. Jawa, Bali & Lombok)<br /> -mendokumentasikan karya kriya & desain (jika tidak ada)<br /> -membuat pertemuan dg komunitas & asosiasi untuk mendapatkan data & sosialisasi 332lab<br /> -menulis & input data ke website<br /> -menulis artikel di 332lab<br /> -menyediakan artikel, siaran pers, & data agar media mainstream memuat isu bidang ini<br /> -mengundang redaktur2 media menjadi pembaca 332lab via email<br /> -mengirim sms & broadcast message tiap ada update di 332lab ke media2<br /> -membuat program interaktif “Nilai Desain Kami”, kultwit, berbagi tautan di twitter & posting update di FB<br /> -membuat konferensi pers & diskusi offline

Perkembangan Proyek