Midcitizen

280

280 - Midcitizen

Menjadi tools pendorong kelas menengah yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial di kota tempat tinggalnya.

Nomor:
280

Nama Lengkap Inisiator:
Asep Bagja Priandana

Lokasi:
Cirebon, Jawa Barat

Organisasi:
Komunitas Midjournal

Judul Proyek:
Midcitizen

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Masyarakat kelas menengah (pekerja) di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya.

Ukuran Keberhasilan:
1000 pengguna di Jakarta dan 500 pengguna di daerah lain dalam 3 bulan.

Tipe Konten:
Aplikasi android dan iOS yang bersifat citizen journalism.

Strategi Distribusi:
Melalui kanal media Midjournal dan ProvoActive, serta mengadakan event-event offline untuk sosialisasi. Dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap perilaku pengguna, agar dapat menghasilkan user experience terbaik.<br /> Mencoba bekerja sama dengan pemerintah kota setempat.

Dana yang Diminta:
Rp 485 Juta

Deskripsi Proyek:
Menjadi tools pendorong kelas menengah yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial di kota tempat tinggalnya.

Definisi Masalah:
Kelas menengah adalah kelas sosial terbanyak di perkotaan dan kelas sosial yang paling banyak menuntut dibanding kelas sosial lainnya.<br /> Masyarakat perkotaan tidak punya akses langsung untuk menyampaikan masalah kota tempat tinggal mereka ke pemerintah kota.

Cara Mengatasi:
Menggunakan aplikasi mobile untuk melaporkan masalah perkotaan seperti kriminal dan kerusakan infrastruktur kepada pemerintah kota.<br /> Mapping lokasi laporan dan dashboard yang dapat dilihat oleh pemerintah kota untuk penyelesaian masalah dan masyarakat bisa mengetahui sejauh mana pemerintah bisa menyelesaikan masalah.

Perkembangan Proyek