295 - Eductory, Membangun Institusi Pendidikan Secara Adil dan Merata

Nama Inisiator

Nelly Kasih

Organisasi

PT. Kreatif Putera Perkasa

Deskripsi Proyek

Eductory adalah aplikasi seluler yang menyediakan konten direktori dan informasi mengenai institusi-institusi pendidikan yang ada di seluruh Indonesia. Eductory dapat menjadi sarana khusus bagi masyarakat untuk mengenal berbagai institusi pendidikan yang ada di seluruh Indonesia baik daerah perkotaan maupun pedesaan, dari sekolah, universitas, SLB, hingga tempat kursus. Eductory juga menyediakan media komunikasi 2 arah sehingga setiap elemen masyarakat dapat berkomunikasi dengan setiap institusi pendidikan yang ada.Selain itu, Eductory juga menyajikan konten artikel, review, dan berita yang bertemakan pendidikan ataupun hal-hal positif lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.
Untuk menyelaraskan Eductory sebagai sebuah media digital yang menyediakan konten positif, Eductory membangun tim untuk melakukan aktivasi sosial berupa pengajaran penggunaan dan pemanfaatan teknologi untuk konten positif ke berbagai institusi pendidikan yang ada di Indonesia terutama institusi pendidikan yang masih kurang dalam hal teknologi. Setiap tim membawa beberapa komputer tablet yangkemudian berkeliling ke insitusi pendidikan atau sekolah yang terdata di Eductory masih belum ada penggunaan teknologi. Tim ini kemudian melakukan pengajaran terhadap murid-murid di institusi pendidikan tersebut mengenai penggunaan teknologi dan pemanfaatannya untuk konten-konten positif dan bermanfaat.

Tipe Konten

-direktori institusi pendidikan di Indonesia
-artikel bertemakan pendidikan dan hal-hal positif lainnya
-berita mengenai promo / event yang berhubungan dengan pendidikan beserta institusinya
-Review mengenai institusi pendidikan, buku, film, dan permainan
-Gambar, video, infografis, dan peta lokasi untuk menunjukkan informasi yang lebih lengkap
-Comment form untuk komunikasi
-Pengajaran ke berbagai institusi pendidikan / sekolah mengenai penggunaan dan pemanfaatan teknologi untuk konten positif dan bermanfaat.

Masalah yang Diangkat

Di Indonesia terdapat banyak sekali institusi-institusi pendidikan dari sekolah, universitas, tempat kursus, dan lain sebagainya. Namun, masyarakat Indonesia masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai institusi-institusi pendidikan sehingga sulit bagi mereka untuk mendapatkan informasi pendidikan yang tepat.Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya media khusus yang memberikan informasi mengenai institusi pendidikan di Indonesia. Selain itu, banyak institusi pendidikan yang ada di Indonesia mengalami kesulitan untuk mempromosikan dan menginformasikan mengenai diri mereka terutama bagi institusi pendidikan kecil. Banyak juga institusi pendidikan yang masih kurang dalam hal teknologi sehingga banyak muridnya yang belum paham akan penggunaan teknologi dan pemanfaatannya untuk hal-hal yang positif.

Solusi

Sekarang ini telepon selular tidak hanya digunakan untuk komunikasi saja, tetapi seiiring berkembangnya teknologi, telepon selular ini berkembang menjadi smartphone yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya, salah satunya kebutuhan akan informasi dan konten-konten yang bermanfaat. Harga smartphone juga sudah tidak semahal dahulu, banyak smartphone yang harga berkisar dibawah 1 juta rupiah sehingga terjangkau oleh masyarakat Indonesia bahkan dari kalangan bawah sekalipun. Oleh karena itu diperlukan sebuah pengembangan media digital yang dapat diakses melalui perangkat seluler yang menyajikan konten berupa direktori dan informasi yang lengkap dan akurat mengenai institusi-institusi pendidikan yang ada di Indonesia. Serta melakukan aktivasi untuk menyelaraskan dengan media digital yang sudah dibangun, yaitu dengan membangun tim untuk melakukan pengajaran ke berbagai sekolah di daerah-daerah Indonesia mengenai penggunaan dan pemanfaatan teknologi untuk konten positif

Strategi Distribusi

Untuk menjangkau pengguna, dilakukan promosi melalui pendekatan dan kerjasama dengan institusi-institusi pendidikan terkait, selain itu juga dilakukan dengan menjadi sponsor dalam acara-acara yang bertemakan pendidikan. Untuk penjangkauan secara luas, dilakukan kegiatan promosi melalui aktivitas komunikasi dua arah di social media baik berupa facebook maupun twitter. Melakukan sosialisasi berupa aktivasi pengajaran ke berbagai institusi pendidikan di Indonesia mengenai penggunaan dan pemanfaatan teknologi untuk konten positif.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Orang tua yang sedang mencari institusi pendidikan (sekolah / kursus) bagi anaknya, Orang yang ingin melatih keahlian, keterampilan, atau hobi khusus, orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Institusi pendidikan di Indonesia dari sekolah, universitas, hingga kursus. Institusi-institusi pendidikan baik besar ataupun kecil mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyampaikan informasi dan program-programnya kepada masyarakat luas tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Institusi-institusi pendidikan kecil yang memerlukan bantuan / pertolongan dari pihak lain. Murid-murid dari institusi pendidikan / sekolah yang masih kurang dalam hal penggunaan teknologi dan pemanfaatannya dan membutuhkan pengajaran mengenai teknologi.

Kuantitas Output Konten

Terdapat lebih dari 2000 direktori berbagai institusi pendidikan di Indonesia, Konten berupa artikel, review, berita yang mencapai minimal 30 artikel setiap bulannya. Tim yang melakukan pengajaran mengenai penggunaan teknologi dan pemanfaatannya untuk konten positif.

Indikator Sukses

1. Konten berupa direktori dan informasi mengenai berbagai macam institusi pendidikan yang ada di Indonesia yang mencapai lebih dari 2000 unit. Konten juga harus akurat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
2. Terdapat fitur untuk komunikasi dua arah antara pengguna dengan institusi pendidikan yang terdaftar.
3. Konten artikel pada web harus menyajikan artikel-artikel bertemakan pendidikan dan hal-hal positif yang bermanfaat bagi pembacanya, sedangkan konten news harus menyajikan berita terbaru dan akurat mengenai pendidikan dan institusinya yang ada di Indonesia.
4. Tampilan desain yang menarik dan User Interface yang efisien.
5. jumlah pengguna aplikasi mencapai lebih dari 40000 pengguna.
6. Terdapat tim untuk melakukan aktivasi pengajaran ke berbagai institusi pendidikan di Indonesia.

Lokasi

Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 800 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan