Toko Virtual: Meningkatkan Kompetensi Usaha Kecil di Indonesia Melalui Teknologi Digital dan Seluler

296

296 - Toko Virtual: Meningkatkan Kompetensi Usaha Kecil di Indonesia Melalui Teknologi Digital dan Seluler

Toko Virtual merupakan sebuah gerakan yang memiliki misi membantu usaha-usaha kecil di Indonesia dengan cara menjadi media penghubung antara pedagang dan konsumen guna meningkatkan daya kompetensi usaha-usaha kecil melalui teknologi digital dan seluler. Toko virtual ini berbentuk web responsif yang dapat diakses melalui perangkat seluler yang menyediakan platform tersebut. Tim dari Toko Virtual akan membangun konten yang unik, foto yang menarik, serta desain yang keren untuk platform digital usaha-usaha kecil tersebut. Tim dari toko Virtual juga akan memberikan pengajaran mengenai penggunaan dan pemanfaatan teknologi platform Toko Virtual kepada usaha-usaha kecil tersebut sehingga mereka mampu secara mandiri untuk memasarkan dan berdagang secara online ke pangsa pasar yang jauh lebih luas dari sebelumnya. Adapun tujuan dari dikembangkannya Toko Virtual ini adalah sebagai berikut :

  1. Membantu mengembangkan usaha-usaha kecil yang ada di Indonesia dengan cara meningkatkan daya kompetensi mereka melalui teknologi digital dan perangkat seluler.
  2. Menjadi media penunjang bagi kegiatan pemasaran usaha-usaha kecil yang ada di Indonesia.
Nomor:
296

Nama Lengkap Inisiator:
Angelina Tampi

Lokasi:
Jakarta Timur

Organisasi:
act! Digital Agency

Judul Proyek:
Toko Virtual, Meningkatkan Kompetensi Usaha Kecil di Indonesia melalui teknologi Digital dan Seluler

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Usaha-usaha kecil di Indonesia yang belum memiliki daya kompetensi yang kuat dan pemahaman akan teknologi digital serta pemanfaatan perangkat seluler.

Ukuran Keberhasilan:
1. Terdapat lebih dari 50 usaha kecil yang tergabung dalam platform Toko Virtual.
2. Platform Toko Virtual memiliki tampilan desain yang menarik dan User Interface yang efisien.
3. Jumlah pengunjung unik Toko Virtual baik melalui web ataupun seluler mencapai 100.000 pengunjung unik setiap bulannya.1. Terdapat lebih dari 50 usaha kecil yang tergabung dalam platform Toko Virtual.
2. Platform Toko Virtual memiliki tampilan desain yang menarik dan User Interface yang efisien.
3. Jumlah pengunjung unik Toko Virtual baik melalui web ataupun seluler mencapai 100.000 pengunjung unik setiap bulannya.

Tipe Konten:
Website e-commerce yang menampilkan produk-produk yang dijual oleh UKM & UMKM

Strategi Distribusi:
Toko Virtual akan melakukan pemasaran melalui sosial media yang banyak berkembang dewasa ini. Selain itu akan dilakukan sosialisasi mengenai konten kepada pemilik-pemilik usaha kecil yang ada di Indonesia.

Kuantitas Output Konten:
Akan diciptakan minimal 50 konten website e-commerce

Dana yang Diminta:
Rp. 950 Juta

Deskripsi Proyek:
Toko Virtual merupakan sebuah gerakan yang memiliki misi membantu usaha-usaha kecil di Indonesia dengan cara menjadi media penghubung antara pedagang dan konsumen guna meningkatkan daya kompetensi usaha-usaha kecil melalui teknologi digital dan seluler. Toko virtual ini berbentuk web responsif yang dapat diakses melalui perangkat seluler yang menyediakan platform tersebut.<br /> Tim dari Toko Virtual akan membangun konten yang unik, foto yang menarik, serta desain yang keren untuk platform digital usaha-usaha kecil tersebut. Tim dari toko Virtual juga akan memberikan pengajaran mengenai penggunaan dan pemanfaatan teknologi platform Toko Virtual kepada usaha-usaha kecil tersebut sehingga mereka mampu secara mandiri untuk memasarkan dan berdagang secara online ke pangsa pasar yang jauh lebih luas dari sebelumnya.<br /> Adapun tujuan dari dikembangkannya Toko Virtual ini adalah sebagai berikut :<br /> 1. Membantu mengembangkan usaha-usaha kecil yang ada di Indonesia dengan cara meningkatkan daya kompetensi mereka melalui teknologi digital dan perangkat seluler.<br /> 2. Menjadi media penunjang bagi kegiatan pemasaran usaha-usaha kecil yang ada di Indonesia.

Definisi Masalah:
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat dan tidak pasti membuat para pelaku usaha harus selalu bersikap responsive dengan keadaan. Para pelaku usaha khususnya usaha yang masih berada pada skala yang kecil harus menyadari agar dapat terus bersaing mengembangkan bisnisnya dan menyesuaikan dengan perkembangan tren yang ada. Salah satu hal yang berkembang dengan cepat adalah perkembangan dunia digital.Namun, di Indonesia masih banyak usaha-usaha kecil yang sebagian besar dimiliki oleh masyarakat kecil yang belum menyadari perubahan tren tersebut dan belum memahami akan pentingnya penggunaan teknologi digital maupun perangkat seluler. Apabila hal ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin usaha-usaha mikro milik masyarakat kecil ini akan tertinggal atau tutup karena tidak memiliki kekuatan dalam menghadapi perubahan dan persaingan dari para pelaku usaha bermodal besar yang pasti telah memahami teknologi digital.

Cara Mengatasi:
Dikembangkan Toko Virtual digital dan dapat diakses oleh perangkat seluler yang dapat menjadi media bagi usaha-usaha kecil dalam upaya memajukan usahanya. Toko Virtual ini akan membuatkan desain website terbaik, gambar produk yang berkualitas baik, serta memberikan pengajaran kepada para pemilik usaha-usaha kecil supaya dapat menggunakan konten dengan sendirinya di kemudian hari.

Perkembangan Proyek