Seluler untuk Pemerataan Harga dan Hasil Agraris dan Fair Trading

325

325 - Seluler untuk Pemerataan Harga dan Hasil Agraris dan Fair Trading

-Aplikasi berbasis SMS (bisa dikembangkan ke android / USSD / web), dengan tujuan utama pemerataan hasil panen. Dengan dibantu geolocation (dari GPS / cell id) aplikasi bisa membantu menentukan daerah antara pengepul dan petani yang berdekatan. -Kurang lebih seperti aggregator (mempertemukan penjual pembeli) namun fungsinya lebih mengerucut karena kuota akan ditotal sehingga antar aktor tidak saling tahu.

Nomor:
325

Nama Lengkap Inisiator:
Muhammad Zain Adiyusuf Mukadar

Lokasi:
Malang, Jawa Timur

Judul Proyek:
Seluler untuk pemerataan harga dan hasil agraris dan fair trading

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Petani, Pengepul, Kepala Desa pada lokasi

Ukuran Keberhasilan:
Digunakan pada satu daerah pertanian, oleh 80% petani dan pengepul.
Tidak terjadinya penumpukan stok, pada pengepul yang menggunakan aplikasi,
Petani memiliki hasil panen yang lebih baik dari sebelumnya.

Tipe Konten:
Software yang akan diciptakan berbentuk API, sehingga bisa digunakan pada banyak interface. Salah satu interface yang dipilih adalah SMS.
SMS dipilih karena mudah (dibandingkan pembelajaran internet dan android) dan cepat.
pengguna harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan ktp untuk menghindari penyalahgunaan.
Pengguna mengirimkan kode tertentu ke nomor gateway kemudian gateway akan membalas dengan menu / halaman tertentu (mirip USSD).
Pengguna juga bisa mengirimkan sms untuk input data pada server.

Strategi Distribusi:
– Melakukan penyuluhan dan support pada satu daerah untuk pembuktian konsep<br /> – Membayar beberapa orang untuk membantu menginput data real untuk digunakan user lainnya.<br /> <br /> -Bekerja sama dengan kepada desa dan pemerintah setempat,<br /> -Melakukan penyuluhan dan membentuk steering comitee untuk pendampingan di lapangan selama 3 bulan pertama.

Dana yang Diminta:
Rp. 75 Juta

Deskripsi Proyek:
-Aplikasi berbasis SMS (bisa dikembangkan ke android / USSD / web), dengan tujuan utama pemerataan hasil panen. Dengan dibantu geolocation (dari GPS / cell id) aplikasi bisa membantu menentukan daerah antara pengepul dan petani yang berdekatan.<br /> -Kurang lebih seperti aggregator (mempertemukan penjual pembeli) namun fungsinya lebih mengerucut karena kuota akan ditotal sehingga antar aktor tidak saling tahu.

Definisi Masalah:
Latar Belakang:<br /> -Para petani seringkali kesulitan menentukan tanaman apa yang harus ditanam dikarenakan :<br /> 1. harga tanaman tidak menentu tergantung permintaan pasar,<br /> 2. ketidak tahuan kuota tanaman yang dibutuhkan pasar, yang pada akhirnya menyebabkan penumpukan / pembelian dengan harga murah.<br /> -Para petani menjual tanaman kepada pengepul tanpa mengetahui harga pasar, sehingga terjadi kelebihan stok dan dibeli dengan harga murah.<br /> -Para pengepul di satu sisi kekurangan stok namun di sisi lain terjadi penumpukan stok.

Cara Mengatasi:
Solusi<br /> -2 aktor utama yaitu : Petani dan Pengepul (bagian pembeli hasil panen), dan mungkin Pemerintah di Departemen yang mengontrol harga / permintaan di pasar.<br /> -Pengepul dan Pemerintah akan memberikan harga dan permintaan saat ini, sehingga petani bisa mengakses dan menentukan apa yang ingin ditanam<br /> -Petani, memberikan data tanaman dan kuota kira-kira yang akan ditanam sehingga para petani lain tidak akan menanam dengan kuota yang berlebihan / menumpuk agak menghindari harga jual murah.<br /> -Pada masa panen, petani akan mencari pengepul yang membutuhkan kuota dan membeli dengan harga tinggi sehingga terjadi fair trade / win-win solution.

Perkembangan Proyek