Cultindo Database Budaya Indonesia

354

354 - Cultindo Database Budaya Indonesia

Project Cultindo adalah project untuk mendokumentasikan Kebudayaan Indonesia di seluruh Provinsi dengan Prinsip “Structured Collaborative User Generated Content”. Masyarakat bertindak sebagai User bertindak sebagai pembuat konten (user generated content). Masyarakat yang bergabung harus memilih dia akan menjadi penyedia konten di bidang apa dan di daerah (provinsi) mana. Pembagian Konten akan dibagi berdasarkan Lokasi (Provinsi – Kabupaten) dan Kategori Content (Musik, Makanan, Lagu, Cerita Rakyat, Pakaian/Kain, Tempat Wisata, dll). Masyarakat yang tergabung harus berdedikasi terhadap satu konten tertentu sehingga tidak terjadi redundansi data. Misal : Si Doni, ingin berkontribusi terhadap konten Makanan di Provinsi Jawa Barat kabupaten Cianjur. Maka Doni harus menggali konten makanan di daerah Kabupaten Cianjur secara mendalam. Konten yang dilaporkan dapat berupa Foto, Video, Tulisan atau Audio.

Nomor:
354

Nama Lengkap Inisiator:
Dino Fitriza

Lokasi:
Riau

Organisasi:
PT. Teknologi Kreatif Internasional

Judul Proyek:
Cultindo Database Budaya Indonesia

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Masyarakat Indonesia dan pemerintahan Indonesia secara umum. Konten yang tersedia dapat digunakan untuk fungsi edukasi dan membuat pemetaan budaya Indonesia yang lebih baik dan akan dapat digunakan untuk pengembangan pariwisata Indonesia yang lebih menyeluruh.

Ukuran Keberhasilan:
KPI (Key Performance Indicator) :
1. Jumlah Sahabat Cultindo yang mendaftar dan terpilih dalam program (target minimal 100 orang)
2. Jumlah konten yang disubmit Sahabat Cultindo, target minimal 2500 konten foto, video, artikel dan audio.
3. Pengunjung website Cultindo minimal 20.000 per bulan.

Tipe Konten:
Konten Foto, Video, Audio, artikel konten Budaya Indonesia dari seluruh daerah di Indonesia.

Strategi Distribusi:
Konten akan disebarkan melalui channel website, apps mobile dan CD atau DVD konten serta buku tercetak untuk daerah-daerah di pelosok Indonesia.

Kuantitas Output Konten:
Jumlah konten yang disubmit Sahabat Cultindo ke website, target minimal 2500 konten foto, video, artikel dan audio.

Dana yang Diminta:
Rp.500 Juta

Deskripsi Proyek:
Project Cultindo adalah project untuk mendokumentasikan Kebudayaan Indonesia di seluruh Provinsi dengan Prinsip “Structured Collaborative User Generated Content”. Masyarakat bertindak sebagai User bertindak sebagai pembuat konten (user generated content). Masyarakat yang bergabung harus memilih dia akan menjadi penyedia konten di bidang apa dan di daerah (provinsi) mana.<br /> Pembagian Konten akan dibagi berdasarkan Lokasi (Provinsi – Kabupaten) dan Kategori Content (Musik, Makanan, Lagu, Cerita Rakyat, Pakaian/Kain, Tempat Wisata, dll). Masyarakat yang tergabung harus berdedikasi terhadap satu konten tertentu sehingga tidak terjadi redundansi data. Misal : Si Doni, ingin berkontribusi terhadap konten Makanan di Provinsi Jawa Barat kabupaten Cianjur. Maka Doni harus menggali konten makanan di daerah Kabupaten Cianjur secara mendalam.<br /> Konten yang dilaporkan dapat berupa Foto, Video, Tulisan atau Audio.

Definisi Masalah:
Indonesia memiliki banyak kebudayaan daerah yang murni dari Indonesia ataupun hasil akulturasi dengan budaya asing yang akhirnya berasimilasi menjadi sebuah budaya baru, unik khas daerah di Indonesia. Globalisasi mendorong Budaya Indonesia untuk semakin kehilangan identitasnya dan terancam hilang karena generasi mulai meninggalkan kebudayaannya sendiri sementara generasi tua yang menggunakan kebudayaan tersebut mulai banyak yang meninggal dunia. Untuk itu perlu upaya mendokumentasikan kebudayaan Indonesia secara sistematis dan Project ini bertujuan untuk menjaga dan mendokumentasikan kebudayaan Indonesia dengan cara yang sistematis dan mendalam. Sehingga data yang dihasilkan bersifat luas dan mendalam di saat yang bersamaan.

Cara Mengatasi:
Kami akan mengajak sukarelawan dari berbagai daerah di Indonesia untuk menjadi Cultindo Fellow (sahabat Cultindo). Lalu, mereka akan memilih akan spesifik mendokumentasikan di bidang konten apa.<br /> Contoh : Asep dan Ningsih bergabung sebagai Sahabat Cultindo.<br /> Lalu masing-masing harus memilih untuk menjadi kontributor di bidang apa di daerah mana. Misalnya, Asep memilih Musik – Cianjur (Jawa Barat), Ningsih memilih Makanan – Jember (Jawa Timur),<br /> Lalu, masing-masing sahabat cultindo akan mencari data di daerah yang dipilih oleh mereka sesuai konten yang disepakati. Pilihan sahabat cultindo daerah akan diutamakan dari pemuda di kabupaten atau kota setempat. Selama setahun mereka harus mengambil data baik berupa tulisan, foto, suara ataupun video lewat Perangkat Mobile (Smartphone) dan lalu dikirim ke server database Cultindo untuk diolah oleh Admin pusat.<br /> Data akan dapat diakses oleh seluruh masyarakat secara gratis nantinya.

Perkembangan Proyek