Mino – Asisten Orang Tua

358

358 - Mino – Asisten Orang Tua

asisten orang tua merupakan aplikasi parental kontrol berbasis lokal yang platformnya adalah smartphone (android,ios dan windows phon). Fitur aplikasi tersebut terdiri dari ; • Fitur untuk memblok video game berdasarkan rating lokal (untukhal ini kami bekerjasama dengan next generation indonesia) yang sebelumnya sudah diatur oleh orangtua berdasarkan usia user. Bila rating belum dimasukan ke dalam sistem video game tersebut maka akan diarahkan ke data base atau web next generation Indonesia (http://nxgindonesia.org/video-game/) yang berisi mengenai deskripsi singkat serta rating lokal (Nxg Indonesia) dari Video game tersebut. • Fitur memblok video game/ aplikasi secara langsung • Fitur pengaturan waktu atau durasi bermain • Fitur search untuk mencari informasi Video game yang isinya mengenai deskripsi singkat serta rating lokal (nxg Indonesia)

Nomor:
358

Nama Lengkap Inisiator:
Khemal Andrias

Lokasi:
Bandung, Jawa Barat

Judul Proyek:
Mino - Asisten Orang Tua

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Orang tua yang memiliki anak-anak TK dan SD di Kota Bandung (fokus 20 sekolah)

Ukuran Keberhasilan:
1.piranti lunak ini di unduh sebanyak 500 kali dalam waktu 2 bulan
2. Database diakses sebanyak 500 x dalam waktu 1 3 bulan
3. Penggunaan video game atau aplikasi berkonten dewasa berkurang dikalangan anak-anak (survey)

Tipe Konten:
Jenis yang akan diciptakan adalah parental kontrol. parental kontrol merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur penggunaan aplikasi hingga durasi dalam menggunakan aplikasi tersebut. aplikasi parental kontrol ini sebenarnya difokuskan pada pengaturan aplikasi video game namun aplikasi inipun dapat digunakan untuk memblok atau mengatur durasi pemakaian aplikasi diluar video game.

Strategi Distribusi:
1. mengadakan Seminar dan sosialisasi mengani video game dan aplikasi tersebut<br /> 2. bekerjasama dengan next generation<br /> 3. bekerjasama dengan developer video game lokal<br /> 4. mempromosikan melalui internet (web dan media sosial)<br /> 5. melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai penggunaan aplikasi parental kontrol

Dana yang Diminta:
Rp. 118 Juta

Deskripsi Proyek:
asisten orang tua merupakan aplikasi parental kontrol berbasis lokal yang platformnya adalah smartphone (android,ios dan windows phon). Fitur aplikasi tersebut terdiri dari ;<br /> • Fitur untuk memblok video game berdasarkan rating lokal (untukhal ini kami bekerjasama dengan next generation indonesia) yang sebelumnya sudah diatur oleh orangtua berdasarkan usia user. Bila rating belum dimasukan ke dalam sistem video game tersebut maka akan diarahkan ke data base atau web next generation Indonesia (http://nxgindonesia.org/video-game/) yang berisi mengenai deskripsi singkat serta rating lokal (Nxg Indonesia) dari Video game tersebut.<br /> • Fitur memblok video game/ aplikasi secara langsung<br /> • Fitur pengaturan waktu atau durasi bermain<br /> • Fitur search untuk mencari informasi Video game yang isinya mengenai deskripsi singkat serta rating lokal (nxg Indonesia)

Definisi Masalah:
Perkembangan teknologi berkembang dengan pesat, begitu pun dengan Video game. Video game pada zaman sekarang bukan sekedar permainan analog hanya untuk kesenangan namun juga memuat norma, budaya, urusan politik, bahkan ideologi tertentu. Sehingga penggunaanya harus diatur terutama untuk anak-anak. Namun kurangnya pengetahuan orang tua akan informasi video game yang dimainkan anak-anaknya menjadi penghamabat untuk melakukan penyaringan. Seleain itu orang tua kadang-kadang tidak cukup waktu untuk memainkan video game sehingga mereka berfikir kalau setiap video game adalah untuk anak, padahal sebenarnya tidak. banyak kasus kekerasan terjadi diakibatkan pengaruh penggunaan video game dengan label dewasa.

Cara Mengatasi:
Dengan adanya aplikasi ini orang tua akan memiliki informasi mengenai video game yang dimainkan oleh anak-anak mereka sehingga selanjutnya penggunaan video game yang berisi konten-konten berbahaya (seperti; prnografi dan kekerasan) dapat diatur penggunaanya bahkan diblok secara langsung. selain itu aplikasi ini tidak hanya dapat memblok video game melainkan aplikasi apa saja yang dikehendaki oleh orang tua yang dianggap tidak baik apabila dimainkan ank-anak

Perkembangan Proyek