Marsinah FM - Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah Termin I



Forum Buruh Lintas Pabrik

Wikimedia Indonesia

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah

Wikimedia Indonesia mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Bersama yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : DIAN SEPTI TRISNANTI (FORUM BURUH LINTAS PABRIK)

Periode Laporan : 5 Januari 2012 hingga 29 Oktober 2012

Proyek : Radio Buruh Perempuan: Dari Perempuan Buruh untuk Kesetaraan

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

  1. Membangun komunitas untuk radio komunitas

    Pembelajaran:

    • Dari kebutuhan bersama, menjadi dasar kerja bersama untuk merancang dan berbagi kerja dalam mendirikan radio komunitas.

    • Dari apa yang sudah sanggup direncanakan, penting untuk dijalankan dulu. Dan pengalaman terbukti menjadi pelajaran penting untuk bisa lebih baik.

  2. Membangun tim pengelola radio

    Pembelajaran:

    • Lebih sulit mencapai yang ideal, jika pengelola diliputi rasa takut salah dan rasa tidak bisa apa-apa. Mengenal secara teori tidak otomatis mudah berpraktek.

    • Setelah dibebaskan dulu dari segala standarisasi dan idealisasi siaran, apapun rupa hasilnya, malah bisa memunculkan keberanian mencoba. Terus menular dan bertambahlah penyiar Marsinah FM.

    • Selain penyiar, operator juga bertambah. Sekarang hampir semua penyiar sekaligus jadi operator. Tapi masih sedikit yang mau dan bisa untuk menjadi humas, administrasi dan laporan.

  3. Menjalankan program siaran

    Pembelajaran:

    • Program siaran belum bisa sepenuhnya berdasar pada rapat redaksi. Perlu mekanisme yang lebih informal sebagai pendukung rapat. Koordinasi dan komunikasi harian banyak membantu menyiapkan rencana siaran. Pengurus utama perlu siap tiap saat menampung aspirasi spontan, sambil mengarahkan pada mekanisme rapat redaksi.
  4. Mengenalkan radio dan mendapatkan pendengar

    Pembelajaran:

    • Lagu (terutama dangdut) efektif untuk mengenalkan radio Radio Marsinah FM, sambil diselingi iklan program tematik.

    • Sosialisasi juga berjalan oleh penyiar di lingkungannya, ‘menyapa’ teman saat siaran, juga dengan acara non-siaran yang bersifat terbuka, selain terus lewat terbitan FBLP, sms massal, dan iklan program siaran.

  5. Mengajak aktif para pendengar dalam program siaran

    Pembelajaran:

    • Karena keaktifan pendengar lebih banyak pada program musik, maka perlu terus ditambah ketersediaan beragam lagu baru maupun lama (terutama dangdut, pop, korea, india).

    • Program siaran tematik dan talkshow lebih mungkin ada partisipasi pendengar jika tepat tema dan terutama sang penyiar ketemu metode yang asyik.

  6. Mendorong perempuan korban pelanggaran hak berani bicara

    Pembelajaran:

    • Mendapat keberanian perempuan korban bicara tentang masalah yang dihadapi di acara siaran radio, masih sangat sulit. Maka dibuat bentuk lain, bahwa kisah pelanggaran hak yang dialami atau diadukan kepada kru pengelola radio dan FBLP, diangkat dalam acara siaran. Sudah ada pengaduan dan dibuat pembelaan sebisanya untuk kasus KDRT, perkosaan dan pelecehan, selain tentang pelanggaran hak perburuhan.
  7. Membangun publikasi dan jaringan radio di luar komunitas

    Pembelajaran:

    • Selain melalui media sosial, Marsinah FM sampai sekarang telah dipublikasikan oleh beberapa media mainstream, sehingga sangat membantu publikasi dan jaringan. Terutama tentang keberadaan radio dari dan oleh buruh perempuan, sekaligus turut mengangkat masalah buruh perempuan yang perlu dibela masyarakat luas.

    • Selain menambah kepercayaan diri bagi segenap keluarga Marsinah FM, juga tantangan untuk Marsinah FM memanfaatkan sebaik mungkin tiap sisi keunggulan yang dilihat pihak lain.

    • Terlihat jauh lebih maju publikasi terhadap Marsinah FM, dibanding tingkat kemampuan ber-radio di Marsinah FM. Maka capaian di luar ini harus bisa kami internalisasikan.

2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda

  • Tidak tersedianya media yang langsung berpihak pada buruh perempuan di Semper Jakarta Utara sebagai advokasi untuk seluruh bentuk diskriminasi, pelecehan, serangan dan pelanggaran hak buruh perempuan, baik di jalanan, di rumah maupun tempat kerja.

  • Medium diperlukan untuk 100 ribu buruh yang masih kesulitan dan ketakutan untuk berani mengadu, apalagi menuntut keadilan.

  • Medium yang aktif memberi informasi dan pengetahuan, membangun keberanian dan menjadi pembela di antara buruh perempuan, yang sebenarnya berhak merasa aman bekerja malam hari (lembur)

  • Tidak tersedianya media untuk buruh perempuan menjadi berdaya membela hak-haknya.

  • Mendirikan radio komunitas buruh perempuan di kawasan kerja dan hunian buruh, untuk meluaskan kampanye tentang hak dan kesetaraan perempuan, sekaligus memajukan keberanian di kalangan buruh perempuan menghadapi segala bentuk serangan dan diskriminasi.

Aktifitas dan isu yang anda atasi

  • Mendirikan radio komunitas buruh perempuan di Semper Barat Jakarta Utara

  • Membuat program siaran radio yang memberi informasi dan pengetahuan bagi buruh perempuan; tentang hak, aturan hukum, pengalaman juang perempuan, sekaligus dengan acara hiburan.
  • Membuat program non-siaran berupa diskusi, pemutaran film dan pendidikan yang terbuka bagi buruh KBN Cakung, tentang persoalan buruh perempuan.

  • Membuat dan mengikuti pendidikan-pelatihan tentang kesetaraan jender dan pembelaan terhadap perempuan korban.

  • Membuat sekretariat radio yang menjadi tempat berkumpul, berisitirahat, saling bicara, diskusi dan tempat mengadu persoalan bagi buruh perempuan

  • Membuat pembelaan terhadap perempuan korban kekerasan, dengan memberi dukungan kepada korban dan memprotes pelaku atau penangung jawab tindak kekerasan.

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

A. Berjalannya Radio Buruh Perempuan yang mampu memberikan informasi untuk buruh perempuan memahami kesetaraan dan hak-haknya sebagai perempuan.

B. Berjalannya radio yang memberikan keberanian bagi buruh perempuan berbicara tentang hak dan kesetaraan.

Indikator keberhasilan:

A. Banyaknya tanggapan pada acara-acara siaran Radio Buruh Perempuan.

B. Pengaduan melalui Kotak SMS diikuti 15 orang setiap minggu pada empat bulan pertama, 30 orang pada empat bulan kedua, dan 50 pada empat bulan ketiga.

C. Terbentuknya komunitas Radio Buruh Perempuan yang rutin melakukan pertemuan yang dihadiri minimal 50 orang

D. Terdapat minimal 30 buruh perempuan yang menjadi bagian pengelola Radio Buruh Perempuan

Hasil aktual hingga laporan ini dibuat

  • Sejak Februari 2012 Marsinah FM mulai mengudara, dan resmi dilaunching tanggal 21 April 2012. Sejak awal hingga September 2012, program siaran bertema kesetaraan adalah:

  • CERMIN, talkshow dua mingguan, setiap hari Jumat pukul 19.00 s/d 20.00 WIB. Berjalan delapan (8) kali. Tanggapan pendengar dalam bentuk SMS, antara dua-tiga SMS.

  • HAK & HUKUM, talkshow dua mingguan, setiap hari Jumat pukul 19.00 s/d 20.00 WIB (selang seling dengan CERMIN). Berjalan lima (5) kali. Tanggapan pendengar dengan SMS, antara tiga-empat SMS.

  • PEREMPUAN PELITA, pembacaan mingguan, setiap hari Kamis pukul 19.00 s/d 20.00 WIB. Berjalan enam belas (16) kali.

  • CERITAKU, siaran interaktif mingguan, setiap hari Selasa pukul 19.00 s/d 20.00 WIB. Berjalan empat (4) kali. Tanggapan pendengar dengan SMS, antara empat-lima SMS.

  • LAYAR, pembacaan sastra, setiap hari Rabu pukul 19.00 s/d 20.00 WIB, sejak Agustus jam tayang ditambah setiap Sabtu pukul 19.00 s/d 20.00 WIB. Berjalan pembacaan puisi dua kali, pembacaan cerpen dua kali, sandiwara radio lima kali, dan pembacaan novel Bumi Manusia (hingga selesai 33 kali). Pembacaan puisi dan cerpen dilakukan langsung (live), sandiwara radio berupa pemutaran CD produksi lembaga lain, sedangkan pembacaan Bumi Manusia dengan rekaman dan produksi sendiri.

  • Di luar program siaran, tema kesetaraan juga dijalankan dengan program Diskusi Publik ‘CERMIN’. Program Diskusi Publik bulanan ini baru berjalan tiga kali, dengan peserta antara 30 – 50 orang.

  • Program siaran berjalan sejak awal adalah: ‘Pagii..!’, ‘Cermin’, ‘Hak & Hukum’, ‘Andai Saja’, ‘Perempuan Pelita’, ‘Rumah’, ‘Layar’, ‘Union’ dan siaran bebas dengan lagu dan info-info.

  • Program siaran bertambah seiring waktu dan penambahan kru radio, hingga sekarang juga berjalan program siaran: ‘Tembang Kenangan’, ‘Dangdut Asyik’, ‘Ceritaku’, KPOP, ‘Bollywood Hits’, ‘Lagu Nusantara’, ‘Anti Galau’, ‘Karaoke Dangdut’ dan acara selingan berupa ‘Pidato Rakyat untuk Rakyat’, serta ‘Asia Calling’ yang bekerja sama dengan Radio 68 H.

  • Pada acara talkshow (pada program ‘Cermin’, ‘Hak & Hukum’ dan ‘Union’), masih sedikit buruh perempuan KBN Cakung untuk berani sebagai pembicara, sehingga lebih banyak pembicara dari luar. Dari acara talkshow berjumlah 20 kali (hingga September 2012), nara sumber dari buruh KBN Cakung adalah lima (5) perempuan dan tiga (3) laki-laki. Sementara pembicara dari luar KBN Cakung berjumlah 10 perempuan (dari organisasi perempuan, buruh dan kesehatan), dan 8 laki-laki (dari organisasi buruh)

  • Terdapat 23 (dua puluh tiga) pengelola aktif radio

  • Tanggapan pendengar terhadap siaran radio, dalam satu minggu minimal 35 sms dan telpon. Lebih banyak sms untuk program musik/lagu.

  • Pertemuan komunitas terjadwal sudah berjalan dua kali, diikuti 50 orang dan 30 orang.

  • Program Kotak SMS belum berjalan, baru akan berjalan di November 2012. Pengaduan dari perempuan korban berjalan di luar program siaran, juga dilakukan pembelaan secara langsung. Karena banyak dan berat, kerjasama penanganan kasus sedang dilakukan dengan melibatkan organisasi lain dan pihak kepolisian.

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai Sasaran-sasaran yang diharapkan dapat dicapai

A. Menyediakan tempat, peralatan, kelengkapan radio komunitas Buruh Perempuan, dan memperkenalkan keberadaan dan program siaran Radio Buruh Perempuan di daerah Semper Jakarta Utara

B. Menyediakan acara siaran radio yang memberikan informasi dan pengetahuan tentang diri dan hak perempuan buruh, inspirasi dari tokoh perempuan, kehidupan rumah tangga, anak dan lingkungan, tentang informasi kekinian di luar perburuhan, serta acara yang mendorong dan mewadahi keberanian buruh perempuan berbicara, berekspresi dan mengadukan masalah

C. Meningkatkan kapasitas buruh perempuan sebagai pengelola radio komunitas buruh perempuan

D. Membangun kerja bersama di antara buruh perempuan sebagai satu komunitas yang bertanggung jawab terhadap kemajuan dan keberlanjutan Radio Buruh Perempuan

E. Pelaksanaan proyek dengan transparansi penggunaan dana secara publik

Tujuan yang berhasil dicapai hingga saat ini

  • Tempat dan peralatan radio hingga memungkinkan siaran sudah tersedia, dan program siaran mulai berjalan sejak 21 April 2012, sebagai Radio Buruh Perempuan Marsinah 106 FM –dari perempuan buruh untuk kesejahteraan dan kesetaraan- di Jalan Tipar Selatan XII No. 9 Semper Barat Cilincing Jakarta Utara

  • Berjalan program siaran untuk informasi dan pengetahuan tentang diri dan hak perempuan buruh, berupa: Acara Siaran “HAK & HUKUM” (talkshow dwi mingguan) dan Acara Siaran “CERMIN” (talkshow dwi mingguan); untuk inspirasi dari tokoh perempuan, berupa Acara Siaran “PEREMPUAN PELITA” (pembacaan kisah mingguan); untuk rumah tangga, anak dan lingkungan, berupa Acara Siaran “RUMAH” (siaran interaktif mingguan); untuk informasi kekinian di luar perburuhan, berupa Acara Siaran “Dunia Luas” (info selingan) dan Acara Siaran “PAGIII..” (saling sapa dan informasi umum harian); untuk mendorong dan mewadahi keberanian buruh perempuan bicara, berekspresi, dan mengadukan masalah, berupa: Acara Siaran “ANDAI SAJA” (siaran interaktif mingguan), Acara Siaran “CERITAKU” (siaran interaktif mingguan), Acara Siaran “UNION” (talkshow dwi mingguan), Acara Siaran “LAYAR’ (pembacaan sastra dua kali seminggu), Acara Siaran “OLAH RAGA” dan beberapa acara siaran musik interaktif mingguan (“DANGDUT ASYIK”, “TEMBANG KENANGAN”, “K-POP”, “BOLYWOOD HITS”, “LAGU NUSANTARA”, “KARAOKE DANGDUT”, “NYANYIAN MELAYU”)

  • Peningkatan kapasitas buruh perempuan sebagai pengelola radio komunitas buruh perempuan dijalankan melalui: Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik, Pendidikan Kesetaraan, Fokus Group Discussion dan diskusi-diskusi.

  • Upaya membangun kerja bersama diantara buruh perempuan untuk keberlanjutan Radio Buruh Perempuan, dijalankan dengan membuat program off-air berupa: Keakraban Kru dan Pendengar, Diskusi Terbuka “CERMIN”, pendaftaran terbuka sebagai pengelola, dan dengan sosialisasi terus menerus tentang Radio Buruh Perempuan MARSINAH 106 FM kepada buruh perempuan dan dan masyarakat luas. Kegiatan tersebut diharapkan bisa memperkuat dan menambah dukungan untuk terus memajukan MARSINAH FM.

  • Transparansi berjalannya program dilakukan dengan publikasi di media sosial, juga melalui laporan dan publikasi cipta media

5. Perubahan Lingkup Organisasi/ Lingkungan Sekitar

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

  • Perubahan signifikan dialami oleh FBLP setelah adanya Marsinah FM, yaitu:

  • Lebih banyak publikasi terhadap FBLP dan program yang dijalankan, seiring dengan liputan media lain terhadap Marsinah FM. FBLP dan minimal perjuangan buruh KBN Cakung lebih terkenal dan lebih diperhatikan. Media besar yang membuat liputan tentang Marsinah FM dan FBLP (di luar kegiatan demo dan panggung budaya) adalah: Radio 68 H, Tempo TV, Metro TV, Sindo TV, Jawa Pos, SCTV.

  • Struktur dan anggota FBLP meningkat keaktifan berorganisasi, dan meningkat kemampuan secara bersama maupun pribadi. Peningkatan ini terlihat ketika bersama organisasi atau pihak lain, dalam demo atau forum-forum, keberanian dan kemampuan bicara dari FBLP bukan lagi hanya pengurus Federasi, tapi juga dari pengurus pabrik dan anggota yang utamanya adalah para penyiar dan pengelola Marsinah FM.

  • Budaya membaca di FBLP meningkat. Karena keberadaan Marsinah FM mendorong untuk tahu lebih banyak, sekaligus disediakan buku bacaan dalam beragam tema.

  • FBLP dengan keberadaan radio memungkinkan lebih banyak menjalankan program diskusi, nonton film, kumpul bersama sambil bakar ikan, juga menjadi tuan rumah pertemuan aliansi buruh atau aliansi perempuan, karena lebih dikenal dan tersedia sekretariat radio yang memiliki ruang luas untuk banyak orang. Sebelumnya FBLP untuk membuat acara lebih dari 20 orang harus sewa tempat.

  • Keberadaan radio membuat lebih bangga dan lebih percaya diri bagi FBLP, sebagai serikat buruh kecil dan jauh lebih muda dibanding serikat lain. Apalagi Marsinah FM dan FBLP banyak mendapat liputan media besar karena perjuangannya untuk buruh dan perempuan. Sebelum ada radio, liputan media besar terhadap FBLP jarang, dan terutama ketika demo besar saja atau karena kemiskinan buruh KBN Cakung, bukan tentang bagaimana perjuangan itu sendiri.

  • Secara internal di pengurus FBLP terus terdorong untuk memajukan FBLP dan Marsinah FM, dan bersepakat untuk menyiapkan diri untuk pada tahun 2013 bisa lebih luas kampanye tentang buruh perempuan melalui website dan radio online (streaming Marsinah FM). Akan dibuat pendidikan dan pelatihan, baik isi maupun teknis radio online, sekaligus menyiapkan fasilitas-fasilitasnya.

  • Perubahan juga terjadi terhadap cita-cita atau keinginan pribadi dan bersama dari penanggung jawab Marsinah FM dan tiga perempuan pendiri FBLP, bahwa dari pengalaman awal membangun Marsinah FM dan program-programnya, menjadi lebih yakin mewujudkan gerakan buruh yang mendukung gerakan perempuan dan gerakan perempuan yang mendukung gerakan buruh (karena selama ini lebih banyak terpisah), sekaligus memungkinkan jaringan nasional buruh perempuan yang lintas organisasi dan lintas teritori.

Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktifitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda

  • Manajemen organisasi yang menjadi tantangan untuk ditingkatkan lagi bagi Radio Buruh Perempuan MARSINAH FM, berkaitan dengan komposisi pengelola adalah:

  • Masih terbatas tenaga administrasi dan keuangan, sehingga laporan dan pendataan berjalan tapi tidak bisa cepat.

  • Masih terbatas dan sedikit kemampuan tenaga untuk pengolahan program rekaman. Awalnya tidak ada yang bisa, kemudian belajar secara otodidak, dan akan terus ditingkatkan karena kebutuhan lebih banyak lagi.

  • Masih menjadi keterbatasan berjalannya program siaran yang berupa rekaman, karena tidak adanya peralatan terpisah untuk pengambilan dan pengolahan rekaman. Sehingga selama ini program rekaman terutama dilakukan malam hari setelah jam siaran di studio radio.

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda.

  • Sejak awal komposisi komunitas dan pengelola sudah beragam, dan terus bertambah karena keterbukaan Radio MARSINAH; dari sisi usia (20 tahun ke atas), latar belakang suku, seks dan orientasi seksual, tingkat pendidikan, daerah asal, hobi dan lain-lain. Catatan: tidak ada pendataan agama/keyakinan.

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini

http://ciptamedia.org/wiki/Radio_Buruh_Perempuan/Laporan_Penggunaan_Dana

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Jakarta, 29 Oktober 2012

Dian Septi Trisnanti

Tags:



October 2012 | CC BY-SA 3.0